Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Niat Puasa Ramadhan, Jangan Sampai Lupa Ya!

Niat puasa ramadhan adalah salah satu amalan yang sangat penting bagi umat Islam yang ingin menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Selain itu, untuk niat puasa ini merupakan sebuah janji yang kita ucapkan dalam hati untuk melaksanakan puasa Ramadhan dengan rasa ikhlas dan penuh kesadaran. 

Membaca niat puasa ini  berarti maksud dan tujuan di dalam melakukan suatu perbuatan. Membaca niat menjad satu hal yang sangat penting di dalam setiap amalan, termasuk pada saat berpuasa.

Di dalam berpuasa, membaca niat  supaya amalan yang dikerjakan sejalan dengan keridhoan-Nya dan sebagai bentuk pendekatan diri kepada Allah. Membaca niat puasa menjadi hal yang wajib sekali untuk dilakukan.

Niat Puasa Ramadhan 

Di dalam haditsnya, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa puasa tanpa niat pada malam harinya dianggap tidak sah. Berikut adalah hadistnya : 

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: “Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.” (HR Ad-Daruquthni dan Al- Baihaqi).

Sebagai berikut adalah bacaan niat puasa lengkap dengan artinya : 


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillâhi ta’âla.

Artinya: “Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta’ala.”

Kegunaan Doa Niat Puasa Ramadhan 

Setelah paham mengenai doa niat puasa ramadhan, berikut adalah kegunaan dari doa niat tersebut : 

1. Menjadi pengingat: Niat puasa Ramadhan merupakan sebuah pengingat bagi diri sendiri, bahwa kita sedang menjalankan ibadah kepada Allah SWT dengan melakukan puasa di bulan Ramadhan. Dengan niat yang kuat dan penuh kesadaran, kita akan selalu diingatkan bahwa setiap tindakan yang dilakukan selama puasa Ramadhan ini harus membaca dengan niat yang tulus dan ikhlas.

2. Memperkuat rasa keikhlasan: Niat puasa Ramadhan juga bisa membantu meningkatkan rasa keikhlasan dalam beribadah. Dengan mengucapkan niat puasa, kamu akan diperkuat tekad dalam diri untuk melaksanakan puasa dengan ikhlas, karena Allah SWT.

3. Menambah pahala: Niat puasa Ramadhan juga akan menambah pahala dari amalan kita. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, Allah SWT akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada umatnya sebagai bentuk balasan atas amalan puasa selama di bulan Ramadhan.

4. Memperbaiki kualitas puasa: Niat puasa Ramadhan juga akan membantu di dalam memperbaiki kualitas puasa kamu . Dengan niat yang baik dan benar, maka kamu akan melaksanakan puasa dengan penuh kesadaran dan menghindari segala tindakan yang dapat merusak atau membatalkan puasa.

Kapan Membaca Doa Niat Puasa Ramadhan? 

Menurut Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi dalam Kitab Minhajul Muslim, niat puasa Ramadhan hendak membacanya sebelum masuk di waktu shalat Subuh. Waktu berniat itu sudah bisa mulai dari malam hari. Artinya, puasa menjadi tidak sah di saat kamu tidak dengan niat sebelum waktu fajar tersebut.

Apakah membacanya harus setiap hari selama bulan Ramadhan?  Menurut Ulama Imam An Nawawi dalam Kitab Al Majmu’, bacaan niat sahur perlu melafalkannya setiap hari selama sebulan. Bahkan, tidak ada perbedaan mazhab mengenai perihal ini.

Wajib niat untuk setiap hari, baik Ramadhan atau lainnya. Tidak ada perbedaan pendapat dalam mazhab kami. Apabila seseorang berniat di awal malam Ramadhan untuk puasa sebulan penuh, niatnya tidak sah kecuali hanya untuk niat malam pertama saja.

Di dalam kesimpulannya, niat puasa Ramadhan mempunyai peran yang sangat penting bagi setiap umat Muslim yang ingin melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, kita akan memperoleh banyak kebaikan dan pahala dari Allah SWT.

Nah, bagaimana nih Ayah dan Bunda? Sudah tidak ragu lagi ya sekarang untuk memilih metode sunat laser untuk sang jagoan. 

Di dalam menentukan proses sunat anak, untuk satu hal yang terpenting adalah jangan salah memilih tempat sunat dan metodenya. Tempat sunat dan metode terbaik hanya ada di Rumah  Khitan Syafaat.

Dengan teknologi yang canggih dan dokter sunat berpengalaman, jagoan pasti lebih nyaman dan momen sunat menjadi lebih menyenangkan. Untuk informasi lebih lanjut, Ayah Bunda bisa menghubungi Rumah Khitan Syafaat atau datang langsung ke lokasi terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *