Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Kenali Perkembangan Bayi Perempuan Baru Lahir

Bayi perempuan yang barusan lahir dengan bayi lainnya akan melalui proses tumbuh kembang yang tidak sama. Mulai dari saat ia duduk, merangkak, berdiri sampai dengan berbicara.

Sejak berada di dalam kandungan, bayi perempuan atau laki-laki sudah mampu mendengarkan dan merespons dengan gerakan. Kemampuan alami ini akan terus berkembang sampai dengan ia lahir, termasuk ketika ia berusia satu bulan. 

Pada saat baru lahir, otak bayi akan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Ia mulai mengenal dan belajar banyak hal mengenai lingkungan sekitarnya supaya bisa membiasakan diri dengan kehidupan di luar rahim.

Perkembangan Bayi Perempuan Barusan Lahir

Berdasarkan data dari WHO, bayi perempuan mempunyai berat 2,8–3,7 kg dengan panjang 47–51 cm. Sedangkan, untuk bayi laki-laki yang baru lahir umumnya berbobot 2.9–3,9 kg dengan panjang 48–52 cm.  Pada beberapa kondisi, seperti prematur, bayi bisa akan terlahir dengan berat badan kuran

Kemampuan Motorik atau Gerakan Refleks Bayi perempuan

Anak terlahir dengan beberapa gerakan refleks yang bisa ia lakukan di dalam keadaan tidur, misalnya adalah cegukan. Ada beberapa gerakan refleks yang bisa mereka tunjukan, yaitu : 

  • Melengkungkan punggung seperti saat masih berada dalam kandungan.
  • Menangis kencang ketika terkejut mendengar suara keras.
  • Meregangkan tangan dan kaki  tiba-tiba

Seiring waktu berjalan, gerakan refleks anak yang barusan lahir ini akan semakin berkembang. Misalnya mereka akan mendorong lidahnya keluar, ketika ada sesuatu di dalam mulutnya dan refleks berupa ibu jari kaki yang melengkung ke belakang.

Kemampuan Menghisap ASI Secara Alami Bayi perempuan

Anak yang barusan lahir pada umumnya akan menghabiskan waktu selama 16–17 jam di dalam sehari untuk tidur. Kendati demikian, jam tidurnya juga bisa jadi akan terputus-putus hingga delapan kali tidur. 

Biasanya, mereka akan bangun untuk minum ASI setiap dua sampai tiga jam sekali. Namun, di setiap bayi mempunyai jadwal yang  berbeda-beda.

Anak yang barusan lahir juga bisa mencium aroma ASI dan secara alami akan menengok dan membuka mulutnya, ketika ibu meletakkan puting di bagian pipi dan sudut bibirnya. Gerakan tersebut dilakukan untuk menyusun dan secara alami bisa langsung menghisap payudara untuk mendapatkan ASI.

Meski baru lahir, ia juga sudah bisa mengecap dan merasakan pahit dan manis. Bahkan, dengan kemampuan yang lebih tajam daripada orang dewasa. Sedangkan, rasa asin baru bisa kurasakan saat usianya mencapai lima bulan.

Berbagai Kondisi Bayi Perempuan Barusan Lahir 

Setiap anak melalui tahap tumbuh kembang yang tidak sama dan unik. Maka dari itu, Ayah dan Bunda tidak perlu merasa  khawatir apabila anak belum bisa menunjukkan tanda-tanda perkembangan sesuai usianya. Kendati demikian, perlu segera memeriksakan ke dokter jika mengalami beberapa kondisi tersebut : 

  • Tidak buang air kecil atau buang air kecil kurang dari 6 kali setelah usianya 5 hari. 
  • Sudah 48 jam tidak buang air besar.
  • Ubun-ubun terlihat cekung.
  • Tidak mau menyusu.
  • Terdapat jeda lebih dari 10 detik setiap mengambil napas.
  • Sulit dibangunkan dari tidur.
  • Kotoran berwarna kuning tua dengan jumlah yang sangat sedikit setelah usianya 4 hari.
  • Tali pusat mengeluarkan bau tidak sedap, nanah, atau darah.
  • Dada, lengan, kaki, dan mata berwarna kekuningan.
  • Tidak mampu menyusu dengan benar.
  • Muntah cairan berwarna kuning atau hijau.
  • Demam tinggi. 

Nah, bagaimana nih Ayah dan Bunda? Sudah tidak ragu lagi ya sekarang untuk memilih metode sunat laser untuk sang jagoan. 

Di dalam menentukan proses sunat anak, untuk satu hal yang terpenting adalah jangan salah memilih tempat sunat dan metodenya. Tempat sunat dan metode terbaik hanya ada di Rumah  Khitan Syafaat.

Dengan teknologi yang canggih dan dokter sunat berpengalaman, jagoan pasti lebih nyaman dan momen sunat menjadi lebih menyenangkan. Untuk informasi lebih lanjut, Ayah Bunda bisa menghubungi Rumah Khitan Syafaat atau datang langsung ke lokasi terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *