Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Tanda Luka Sunat Infeksi yang Harus Diwaspadai

Tanda luka sunat infeksi ini juga mungkin bisa terjadi. Infeksi adalah salah satu komplikasi yang dapat terjadi setelah sunat. Kondisi ini juga termasuk jarang, tapi tetap harus mewaspadainya.

Sebagai laki-laki, sudah menjadi kewajiban untuk melakukan sunat atau dalam istilah medisnya adalah sirkumsisi. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk membuang bagian kulit penis bagian luar yang sudah menutupi bagian kepala penis. 

Di Indonesia sendiri, sunat menjadi satu hal yang umum dilakukan dan memang sangat dianjurkan. Dari sisi kesehatan, sunat mempunyai banyak manfaat, antara lain membuat kamu lebih mudah untuk membersihkan penis dan  mencegah terjadinya kanker penis. 

Selain itu, sunat juga membantu mengurangi risiko munculnya infeksi saluran kemih dan penularan penyakit infeksi menular seksual yang berbahaya lainnya. Manfaat sunat bagi kesehatan ini juga berlaku untuk pasangan wanitanya, yaitu membantu mengurangi risiko penyakit kanker serviks.

Tanda Luka Sunat Infeksi

Setelah sunat, memang mempunyai resiko terjadinya luka sunat mengalami infeksi, meski hal ini juga jarang sekali terjadi. Kemungkinan seseorang akan mengalami rasa nyeri dan pembengkakan di area kepala penis, di mana kepala penis akan terlihat merah atau memar. 

Hal tersebut sebenarnya cukup normal terjadi selama 3-4 hari, karena salah satu tindakan medis yang meliputi penekanan pada penis. Tanda infeksi yang bisa timbul dari bekas luka setelah sunat adalah adanya peradangan, kulit kemerahan, bengkak, nyeri, terkadang demam dan nanah pada luka bekas jahitan. 

Pada beberapa keluhan ini akan membaik dalam 7 hingga 10 hari, tergantung dari kondisi luka dan kepatuhan konsumsi obat. Sebagai berikut adalah beberapa tanda luka sunat mengalami infeksi:

  • Kemerahan yang semakin memburuk bahkan menyebar. 
  • Gelembung berisi nanah dan berbau.
  • Gelembung pasca-sunat tidak kunjung kering.
  • Rasa sakit yang tidak membaik dan justru bertambah parah.
  • Muncul pembengkakan di sekeliling bekas irisan dan tidak membaik.
  • Mengalami demam tinggi

Ketika luka sunat infeksi, rasa sakit dan pembengkakan pada bagian penis dapat berlangsung hingga berhari-hari dan semakin parah. Apabila Hal ini terjadi, segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Pastikan juga untuk melakukan perawatan pasca-sunat dan mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter untuk mencegah resiko infeksi. Dengan hal tersebut, maka bisa membantu di dalam  proses penyembuhan pasca sunat. 

Nah, bagaimana nih Ayah dan Bunda? Sudah tidak ragu lagi ya sekarang untuk memilih metode sunat laser untuk sang jagoan. 

Di dalam menentukan proses sunat anak, untuk satu hal yang terpenting adalah jangan salah memilih tempat sunat dan metodenya. Tempat sunat dan metode terbaik hanya ada di Rumah  Khitan Syafaat.

Dengan teknologi yang canggih dan dokter sunat berpengalaman, jagoan pasti lebih nyaman dan momen sunat menjadi lebih menyenangkan. Untuk informasi lebih lanjut, Ayah Bunda bisa menghubungi Rumah Khitan Syafaat atau datang langsung ke lokasi terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *