Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Apa Resiko Dari Sunat?

Sunat adalah operasi pembuangan kulup atau kulit yang menutupi bagian ujung atau kepala penis. Di Indonesia, prosedur sunat sebagian besar dilakukan karena faktor agama atau tradisi.

Sementara dari sisi medis, sunat dianggap memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Meski demikian, prosedur sunat juga mempunyai beberapa risiko terutama jika dilakukan kepada anak bayi.

Risiko Sunat Pada Bayi Laki-Laki

Risiko komplikasi sunat tergolong rendah dan hanya terjadi pada 1–2% dari keseluruhan bayi yang disunat. Sebagian besar komplikasi yang mungkin muncul adalah infeksi dan perdarahan. Untuk infeksi dan perdarahan di sunat juga bisa menimbulkan komplikasi sebagai berikut : 

  • Cedera pada penis.
  • Peradangan pada bukaan penis (meatus).
  • Gangguan pada saluran kemih, seperti penyempitan pada saluran kencing di penis.
  • Nyeri saat ereksi ketika sudah dewasa karena terlalu banyak kulit yang dipotong.
  • Masalah pada kulup, seperti kulup gagal sembuh dengan baik atau kulup menempel di ujung penis dan butuh bedah perbaikan.

Manfaat Sunat Pada Bayi Laki-Laki 

Meski mempunyai beberapa resiko, tapi sunat pada bayi laki-laki juga memberikan beberapa manfaat sebagai berikut :

1. Mencegah Masalah Penis

Di beberapa kasus, kulup pada penis yang tidak disunat ini bisa menempel kuat pada kepala penis dan menyebabkan fimosis. Hal ini kemudian bisa menyebabkan peradangan pada kulup atau kepala penis.

2. Mengurangi Risiko Infeksi Pada Penis

Menurut penelitian, bayi yang tidak disunat berisiko lebih tinggi menderita infeksi saluran kemih dibanding bayi yang disunat. Salah satu alasannya adalah karena penis yang disunat lebih mudah dijaga kebersihannya.

3. Mengurangi Resiko Kanker Penis

Kanker penis merupakan jenis kanker yang jarang terjadi, baik pada orang yang disunat maupun tidak. Namun, bukan berarti semua orang sepenuhnya terbebas dari kemungkinan kanker penis.

Salah satu upaya yang bisa Ayah dan Bunda lakukan adalah menjauhkan si kecil dari risiko kanker penis dengan menyunatnya. Selain dipercaya efektif mencegah anak dari bahaya kanker penis, sunat juga diduga dapat menurunkan risiko kanker prostat ketika sudah dewasa.

4. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Seksual Menular

Selain untuk menyehatkan organ reproduksinya, sunat juga memberikan manfaat jangka panjang bagi buah hati Bunda kelak setelah ia dewasa. Sunat dikatakan dapat mengurangi risiko terkena penyakit seksual menular.

Namun, hal ini tetap harus disertai dengan perilaku seks yang aman, yaitu dengan  menggunakan kondom setiap kali berhubungan intim dan tidak berganti pasangan seksual.

Tidak ada yang salah atau benar dengan keputusan menyunat bayi laki-laki, kecuali jika bayi lahir secara prematur, memiliki gangguan pembekuan darah, atau menderita kelainan genetik. Dalam hal ini, sunat perlu dipertimbangkan ulang manfaat dan resikonya.

Apabila ingin sunat dengan nyaman, Anda bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Langsung saja melakukan reservasi kepada pihak customer service sekarang juga dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *