Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Bagaimana Ciri Ciri Luka Sunat Mau Sembuh?

Saat luka sunat anak sudah mau sembuh, biasanya akan muncul ciri-ciri khas yang harus diketahui. Ini penting bagi Ayah dan Bunda agar membantu proses perawatan yang tepat.

Dikutip dari Mayo Clinic, sunat merupakan tindakan pengangkatan kulit yang menutupi ujung penis. Prosedur sunat dipercaya mempunyai berbagai manfaat kesehatan, lho.

Salah satunya adalah penurunan risiko infeksi saluran kemih. Risiko infeksi saluran kemih pada pria pada umumnya memang rendah, tapi infeksi ini lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat. 

Melakukan sunat juga membantu mencegah beberapa masalah pada penis. Kadang-kadang kulup pada penis yang tidak disunat juga sulit atau tidak mungkin ditarik kembali (fimosis). Hal ini bisa menyebabkan peradangan pada kulup atau kepala penis.

Ciri-Ciri Luka Sunat Mau Sembuh

Sebagai berikut adalah beberapa ciri luka sunat mau sembuh : 

1. Warna Merah Bekas Tindakan Mulai Pudar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setelah tindakan biasanya ujung kulit penis akan tampak bengkak dan kemerahan. Bahkan cenderung terlihat seperti basah.

Namun disaat luka sunat anak sudah mau sembuh, warna kemerahan ini akan memudar dan bengkaknya semakin mengempis. Kondisi ini menandakan bahwa pendarahan sudah mulai berhenti.

2. Penis terasa gatal

Gatal menjadi salah satu tahap di dalam proses penyembuhan yang dialami anak setelah sunat. Kendati demikian, Anda harus mengingatkan kepada si Kecil untuk tidak menggaruk penis saat terasa gatal karena berisiko memicu infeksi atau komplikasi.

3. Perubahan Ukuran Penis

Ketika kulup penis diangkat, maka ukuran penis akan membesar. Hal tersebut terjadi, karena penis menjadi lebih tegang usai dilakukan operasi. Saat luka akan sembuh, ukuran penis akan kembali seperti semula atau pada ukuran normalnya karena penis menjadi lebih rileks dibandingkan setelah sunat dilakukan.

4. Pendarahan Berhenti

Apabila jaringan tubuh terluka dan mengalami pendarahan, tubuh akan melakukan mekanisme penyembuhan dengan cepat. Tahapan pertamanya adalah menghentikan pendarahan.

Saat prosedur sunat dilakukan, penis mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes darah. Pendarahan ini kemudian dihentikan dengan pembentukan gumpalan darah. Hal ini menjadi awal dari tahapan penyembuhan luka bekas sunat.

Di saat Ayah dan Bunda ingin menyunatkan anaknya, maka bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Lakukan reservasi kepada pihak customer service sekarang juga dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *