Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Kapan Klamp Sunat Lepas?

Perawatan setelah sunat modern klamp ini sebenarnya cukup mudah. Apabila melakukannya dengan baik, maka proses penyembuhannya akan lebih cepat dan hasil sunatnya juga memuaskan.

Ternyata tidak hanya anak-anak yang merasa cemas sebelum sunat, sebagai orangtua juga ikut merasa cemas. Namun kecemasan tersebut akan berkurang setelah sang anak selesai menjalani rangkaian proses sunat dan tergantikan dengan rasa haru, lega dan bahagia. 

Apakah sudah selesai sampai disitu? Tentu saja tidak, ada proses lain yang harus orangtua lakukan, yaitu melakukan perawatan setelah sunat.

Meski setelah sunat modern klamp anak bisa kembali beraktivitas seperti biasa, tapi sangat penting untuk melakukan perawatan setelah sunat supaya proses penyembuhan dapat lebih cepat. Lakukan perawatan harus dengan hati-hati, karena kemungkinan ada rasa nyeri  yang anak rasakan.

Sebagai orang tua, tentunya  tidak menginginkan terjadi beberapa hal buruk pada anak karena perawatan setelah sunat yang tidak tepat. Lalu kapan klamp sunat lepas? 

Kapan Klamp Sunat Dilepas? 

Kontrol lepas klamp sunat bergantung dari ukuran klem, tapi biasanya di saat hari ke-5. Untuk penjadwalan lepas klem akan di informasikan lagi oleh pihak perawat setelah sunat. 

Sebelum lepas klem, ada beberapa persiapan seperti anak harus berendam di air hangat selama kurang lebih 30-60 menit. Setelah berendam, bisa memasukkan obat melalui anus untuk membantu mengurangi rasa nyeri di saat lepas klem dan berikan sedikit baby oil pada bagian dalam tabung.

Perubahan warna jaringan nekrotik ini pada umumnya terjadi, dari semula berwarna hitam menjadi kekuning-kuningan. Tidak perlu khawatir, karena ini merupakan bagian dari proses penyembuhan.

Pada umumnya jaringan nekrotik akan hilang sepenuhnya setelah 10 – 14 hari pasca pelepasan klem. Sehingga, untuk orang tua tak perlu khawatir akan kondisi anaknya.

Perawatan Setelah Sunat Klamp 

Sebagai berikut adalah beberapa perawatan setelah sunat klem:

  • Minum obat sesuai dengan anjuran dokter.
  • Anak bisa mandi seperti biasa dan sebaiknya menggunakan sabun antiseptic.
  • Setelah mandi atau buang air kecil, jangan lupa untuk selalu bersihkan dan keringkan tabung klem bagian luar serta dalamnya. Sebelum membersihkan klem, orang tua sebaiknya menggunakan hand sanitizer terlebih dahulu
  • Cara membersihkan tabung klem adalah menyemprotkan larutan air steril  menggunakan syringe ke bagian dalam tabung klem. Untuk bisa lebih menjaga kebersihannya, maka bilas bagian tabung lemnya menggunakan cairan NaCl dengan bantuan syringe. 
  • Mengeringkan bagian dalam tabung menggunakan cotton bud dan bagian luar tabung cukup menggunakan tisu kering. Usahakan jangan sampai terkena kepala penis yang dapat menyebabkan linu atau ngilu.

Apabila Ayah dan Bunda ingin anaknya sinay dengan nyaman, maka bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Langsung melakukan reservasi sekarang juga kepada pihak customer service dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *