Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Berapa Lama Bengkak Setelah Sunat Laser?

Mengatasi bengkak setelah sunat supaya cepat sembuh bisa dilakukan dengan beberapa cara. Setelah sunat biasanya membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari supaya luka sunat cepat kering dan sembuh. 

Namun, ada kalanya timbul kemerahan dan peradangan pada bagian penis. Sebenarnya hal ini normal, karena sebagai bagian dari proses penyembuhan luka. 

Akan tetapi, jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan infeksi yang berbahaya pada bagian penis. Lalu, bagaimana cara mengatasi bengkak pasca sunat? Yuk, simak informasinya sampai dengan selesai. 

Apa Itu Sunat? 

Sunat pada anak bisa menggunakan metode yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan usia anak. Untuk sunat gemuk ada metode khusus yang digunakan, karena anak bertubuh gemuk ini mempunyai tingkat kesulitannya sendiri dalam proses sunat. 

Pada bayi baru lahir atau anak yang berusia kurang dari satu tahun ini akan lebih cepat pulih dari anak yang berusia lebih tua saat disunat. Ada baiknya sebelum sunat Ayah dan Bunda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. 

Hal ini karena setiap anak mempunyai kondisi yang berbeda-beda. Sehingga, penanganan untuk tindakan sunat tersebut juga berbeda.

Waktu anak untuk sunat juga ada beberapa pertimbangan dan kesiapan dari masing-masing anak. Jadi, sebaiknya tidak memaksa si Kecil untuk sunat karena hanya akan menimbulkan trauma pada dirinya.

Setelah sunat, biasanya anak akan merasakan nyeri dan bengkak pada area penis. Hal ini wajar terjadi, tapi di saat timbul gejala parah lainnya harus segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Gejala Pembengkakan Pada Penis 

Bengkak pasca sunat bisa saja terjadi, karena ada beberapa hal. Biasanya akan timbul beberapa gejala  yang menyertai sebagai berikut : 

  • Demam ringan yang membaik dengan sendirinya. 
  • Muncul gelembung cairan di area luka sunat. 
  • Terjadi peradangan pada bagian luka bekas sunat
  • Rasa nyeri dan perih pada area penis.
  • Adanya lapisan putih kekuningan pada kepala penis beberapa hari pasca sunat, tapi lapisan ini bukanlah nanah atau infeksi.

Cara Mengatasi Pembengkakan Setelah Sunat 

Sebenarnya bengkak setelah sunat merupakan hal yang umum terjadi. Dokter akan memberikan beberapa obat untuk membantu proses pemulihan luka setelah sunat. 

Bengkak bisa sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu dan ketika perawatannya dengan cara yang benar. Sebagai berikut adalah beberapa tips perawatan untuk mengatasi bengkak setelah sunat :

1. Memberikan Obat Analgesik Sesuai Dosis Dari Dokter

Apabila si kecil merasakan nyeri pada area bekas luka sunat, maka bisa memberikan obat analgesik atau penghilang nyeri sesuai dengan dosis anjuran oleh dokter.

2. Rutin Membersihkan Area Penis

Jagalah kebersihan alat kelamin terutama pada luka bekas sunat setelah buang air kecil atau mandi. Gunakan celana yang longgar supaya tidak terjadi gesekan pada luka.

3. Kompres Bengkak Pada Penis

Bengkak yang terjadi bisa saja terjadi karena bekas suntikan yang akan kempes dengan sendirinya seiring waktu. Tapi, Ayah dan Bunda bisa mengompresnya dengan menggunakan air hangat serta kain kasa selama 5-10 menit untuk meredakan bengkak.

Di saat Ayah dan Bunda ingin menyunatkan anak kesayangan, maka bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Hubungi pihak customer service sekarang juga dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *