Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Benang Jahit Luka Khitan Apakah Harus Dilepas?

Sunat adalah prosedur yang dilakukan untuk memotong kelebihan kulup penis supaya tidak menjadi sarang bagi pertumbuhan bakteri, jamur dan mikroorganisme berbahaya lainnya. Dengan melakukan sunat, maka aliran buang air kecil akan menjadi lebih lancar, risiko gangguan ereksi dan ejakulasi berkurang, risiko kanker penis berkurang dan risiko menularkan virus penyebab kanker serviks pada pasangan juga akan turut berkurang. 

Karena banyak manfaatnya ini, maka semua laki – laki sangat dianjurkan untuk melakukan sunat. Setelah pemotongan kelebihan kulup penis, sisa kulup penis yang ada akan dijahit ke jaringan penis sekitarnya. 

Penjahitan ini bisa dilakukan dengan menggunakan benang jahit yang absorbable (bisa diserap tubuh), ataupun non-absorbable (tidak bisa diserap tubuh. Sehingga, harus dilakukan pembukaan jahitan manual setelah kulup penis menyatu dengan jaringan sekitarnya).

Tergantung dari metode sunat yang dijalani sebelumnya, proses pemulihan nantinya bisa berlangsung selama 3 – 14 hari. Lama pemulihan ini dipengaruhi juga oleh perawatan pasca sunat, termasuk adanya risiko lain, seperti infeksi, perdarahan dan sebagainya.

Apakah Benang Jahitan Luka Khitan Harus Dilepas? 

Sampai dengan sekarang, pertanyaan mengenai benang jahitan luka khitan harus dilepas atau tidak. Dan untuk jawabannya adalah tidak perlu dilepas dan tidak berbahaya sama sekali. 

Sehingga, Ayah dan Bunda tidak perlu lagi memikirkan perihal jadwal melepaskan jahit luka khitan. Pada jahitan sunat tersebut akan menyatu dengan daging di bagian penis. 

Setelah 3 minggu, semestinya bekas sunat  sudah sembuh dengan baik. Masih adanya benang sisa pasca sunat ini menjadi pertanda bahwa penyembuhan yang belum optimal. 

Ketimbang mencabut paksa benang jahit yang berisiko menyebabkan bekas sunat dan mengalami perdarahan atau infeksi, lebih baik memeriksakan diri langsung ke dokter atau dokter spesialis bedah yang menyunat sebelumnya. Dengan begitu, bisa ditentukan seperti apa penanganan yang terbaik.

Di saat Ayah dan Bunda ingin menyunatkan anak kesayangan, maka bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Hubungi pihak customer service sekarang juga dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *