Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Berapa Hari Luka Sunat Sudah Bisa Pakai Celana Dalam?

Setelah sunat, biasanya Ayah dan Bunda akan bertanya berapa luka sunat sembuh agar si kecil dapat beraktivitas kembali? Sebenarnya, dengan menggunakan metode yang tepat seperti klem, si kecil bisa langsung melakukan aktivitas namun tentunya tidak boleh terlalu berlebihan. 

Luka sunat bisa sembuh tergantung dari kondisi masing-masing anak. Mau tahu bagaimana merawat luka sunat supaya segera sembuh dan mengering? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Berapa Lama Luka Sunat Sembuh 

Luka sunat pada umumnya bisa sembuh lebih cepat pada anak-anak daripada laki-laki dewasa. Melansir dari halaman situs kids health, proses penyembuhan setelah sunat untuk anak ini membutuhkan waktu sekitar 7-10 hari. 

Dengan cara perawatan yang tepat, maka proses penyembuhannya juga tidak akan memakan banyak waktu. Dokter biasanya akan memberikan beberapa panduan untuk melakukan perawatan pasca sunat. 

Perawatan Pasca Sunat yang Harus Dilakukan 

Setelah melakukan tindakan sunat, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Ayah dan Bunda supaya mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah panduan perawatan yang harus dilakukan : 

  • Minum obat untuk menghilangkan atau pereda nyeri. Biasanya setelah sunat si kecil akan merasakan nyeri atau sakit di area penis. Maka dari itu, Ayah dan Bunda bisa memberikan obat pereda nyeri seperti parasetamol. Pastikan juga agar dosisnya sesuai dengan anjuran dokter. 
  • Memberikan Makanan yang Bergizi dan Seimbang. Berikan asupan bergizi yang seimbang pada si kecil. Ayah dan Bunda biasa menyajikan dengan makanan berprotein tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan luka sunat. 
  • Membersihkan Area Psnis Secara Hati-Hati. Bantu si kecil untuk membersihkan area penis dengan hati-hati, setelah melakukan buang air kecil. Hindari menggunakan sabun yang banyak mengandung bahan kimia untuk membersihkannya. Ayah dan Bunda sebaiknya menggunakan air hangat suam-suam kuku dan keringkan dengan handuk berbahan halus atau kain basah. 
  • Berendam Menggunakan Air Hangat untuk Mencegah Pengerasan Kulit. Melansir dari situs Children’s Hospital at Dartmouth – Hitchcock, setelah 3 hari selesai melakukan sunat, anak sebaiknya bertujuan untuk berendam air hangat suam-suam kuku selama 5-10 menit. Hal ini bisa membantu di dalam membersihkan area penis dan mencegah pengerasan kulit di ujung kepala penis. 
  • Mengoleskan Petroleum Jelly Pada Area Penis. Ayah dan Bunda bisa mengoleskan petroleum jelly di bagian kepala penis atau batang penis. Hal ini bisa membantu di dalam mencegah luka sunat agar tidak menempel dengan celana si kecil. 
  • Menggunakan Celana Longgar. Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat, karena bisa menekan area penis si kecil dan bisa menimbulkan rasa nyeri. 
  • Batasi Melakukan Aktivitas. Meski si kecil sudah bisa melakukan aktivitas, tapi Ayah dan Bunda tetap harus membatasi aktivitasnya. Jangan membiarkan melakukan aktivitas yang berlebihan seperti lombat, lari atau naik sepeda. 

Saat ini banyak sekali jasa sunat Malang yang bisa dipilih oleh Ayah dan Bunda. Namun, untuk salah satu tempat sunat yang paling bagus adalah Rumah Khitan Syfaat milik Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Selain itu, Dr. Iqbal Margi Syafaat juga melayani sunat di Safubot Malang dan Sufubot Surabaya dengan layanan kualitas yang sama-sama terbaik. Bagi Ayah dan Bunda yang ingin sunat dengan Dr.Iqbal harap melakukan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak customer service dengan menyebutkan Dr.Iqbal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *