Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Persiapan dan Perawatan Pasca Khitan pada Anak dan Dewasa

Mengetahui perawatan pasca khitan adalah satu hal penting yang perlu diketahui oleh orang tua. Pasalnya, setelah menjalani prosedur ini perlu adanya perhatian khusus guna memastikan penyembuhan berjalan lancar serta anak terhindar dari risiko infeksi dan komplikasi lainnya. 

Kira-kira bagaimana cara supaya luka khitan cepat mengelupas dan sembuh? Yuk simak ulasan berikut untuk mencari tahu jawabannya. 

Persiapan dan Perawatan Pasca Khitan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat orang tua lakukan dalam perawatan pasca khitan supaya luka sunat cepat mengelupas dan sembuh :

1. Memastikan Luka Agar Tetap Kering

Hal utama yang harus dilakukan dalam perawatan pasca khitan adalah menjaga luka pada area luka tetap kering. Apabila perban kotor atau basah, artinya perlu diganti. Berikut adalah cara mengganti perban sebagai salah satu perawatan anak setelah khitan :

  • Membuka perban dengan perlahan.
  • Menggunakan kasa yang sudah diberi air hangat atau cairan infus untuk membantu melepaskan bagian perban yang menempel.
  • Mengganti perban dengan kasa steril dan plester yang baru dan pastikan penis dalam keadaan bersih sebelum dibalut kembali.

2. Membersihkan Area Penis

Cara agar luka khitan cepat sembuh yang selanjutnya adalah dengan berhati-hati saat membersihkan area penis. Bantulah ia untuk membersihkannya setelah buang air.

Lakukan perawatan kebersihan penis pasca sunat dengan cara yang benar. Hindari memakai sabun untuk membersihkannya, cukup dengan air hangat suam-suam kuku.

Apabila ingin membersihkan dengan sabun, pilih sabun yang bebas dari bahan kimia yang terlalu keras seperti antiseptik, pewangi, dan pengawet. Keringkan dengan handuk lembut dengan cara menepuk-nepuk pelan dan jangan digosok.

3. Berikan Makanan Bergizi

Obat khitan biar cepat kering yang tidak kalah penting dari yang diresepkan dokter adalah memberikan anak makanan yang bergizi, terutama makanan tinggi protein. Pasalnya, protein bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk luka setelah sunat.

Hal ini bertujuan supaya ia tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Pastikan juga ia makan sayur dan buah yang cukup. Apabila si Kecil memiliki alergi terhadap makanan tertentu, hindari memberikan makanan tersebut agar reaksi alergi tidak mengganggu proses pemulihan.

4. Perhatikan Tanda-Tanda Bahaya 

Pada dasarnya, luka khitan bisa membaik 7 hari setelah operasi. Namun, periksakan diri ke dokter bila si Kecil mengalami beberapa hal berikut ini. 

  • Penis berdarah dan masih bengkak setelah 2 minggu menjalani proses sunat. 
  • Buang air kecil masih terasa nyeri setelah 7 hari menjalani sunat. 
  • Anak demam dengan suhu 38° Celsius atau lebih.
  • Si Kecil mengalami mual, muntah, dan pusing.
  • Bila si Kecil menjalani proses sunat dengan metode sunat cincin, lonceng plastik atau plastibell tidak kunjung mengelupas setelah 10 hari

Mengetahui informasi cara mengobati infeksi setelah khitan sama pentingnya di saat ingin memilih tempat khitan pada anak laki-laki. Bagi ayah dan bunda yang sedang mencarikan tempat sunat, maka bisa langsung berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya untuk bertemu dengan Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *