Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Khitan pada Pria Dewasa: Tantangan dan Solusi

Khitan, sunat, atau sirkumsisi merupakan prosedur pemotongan bagian kulit kepala penis atau kulup. Prosedur ini menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan organ reproduksi pria, terutama usia anak-anak. Akan tetapi, terkadang satu dan lain hal membuat sunat baru terlaksana saat usia dewasa.

Sebenarnya, berapa usia ideal untuk pria melakukan sunat? Menurut Ketua Umum Asosiasi Khitan Indonesia atau ASDOKI menyebutkan, standar usia ideal laki-laki melakukan sunat mengalami perubahan seiring zaman yang semakin berkembang. 

Sekarang ini, laki-laki sudah bisa sunat sejak usia 7 hari setelah lahir sampai sebaiknya 12 tahun. Sebelumnya, usia ideal khitan antara kelas 3 hingga kelas 6 SD. Tentu ini ada alasannya. 

Bayi yang berusia 7 hari termasuk ideal karena sel pada tubuhnya akan lebih cepat melakukan regenerasi. Tak hanya itu, sunat pada usia dewasa bisa jadi lebih sulit karena kondisi paparan stigma sunat adalah prosedur yang menyakitkan. Alhasil, orang tua perlu menyiapkan mental anak lebih dulu.

Risiko Sunat Usia Dewasa

Sebenarnya, khitan saat usia dewasa tidak menjadi masalah, meski memang lebih baik sunat ketika usia masih bayi dan balita. Sebab, sunat usia dewasa bisa menjadi lebih rumit karena berbagai kondisi. Contohnya: Kulit kepala atau kulup penis pada laki-laki berusia remaja dan pria cenderung lebih alot.

  • Penis laki-laki remaja dan dewasa juga lebih rentan ereksi sehingga eksekusi sunat menjadi lebih sulit. 
  • Risiko terjadinya infeksi dan perdarahan setelah sunat, termasuk kondisi penggumpalan darah pada batang penis.
  • Sayatan lebih mudah terlepas, meski ini terbilang jarang terjadi.
  • Stenosis meatal, kondisi ketika terjadi penyempitan pada lubang kencing.
  • Cedera pada penis atau kelenjar dan uretra.
  • Penoscrotal webbing, kondisi menyatunya kulit penis dan skrotum. Kondisi ini bisa terjadi sejak lahir atau efek samping dari sunat pada usia dewasa

Bagi ayah dan ibu yang ingin mengkhitankan anaknya bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat dan bertemu dengan Dr. Iqbal Margi Syafaat. Lakukan pemesanan melalui pihak customer service agak mendapatkan jadwal Dr.Iqbal Margi Syfaat di Rumah Khitan, Safubot Malang dan Safubot Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *