Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Khitan pada Anak Autis: Pendekatan Khusus yang Dibutuhkan

Metode khitan yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus yaitu dengan Madhian Klem. Ada perbedaan dalam penanganan tindakan sunat pada anak berkebutuhan khusus, terutama bagi penyandang autisme dan ADHD dengan gangguan perilaku dan pemusatan perhatian.

Anak berkebutuhan khusus seperti ADHD dan autisme biasanya sulit untuk tenang, dan bisa berisiko jika ia terus bergerak saat tindakan sunat. Attention Deficit Hyperactivity Disorder ( ADHD) adalah gangguan mental yang mempengaruhi perilaku sehingga anak bisa menjadi sangat impulsif dan hiperaktif.

Berbeda dengan ADHD, autisme merupakan gangguan pada sistem saraf yang memengaruhi perkembangan otak anak dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sebenarnya gejala pada anak autis bisa terlihat sejak ia masih bayi, seperti jarang melakukan kontak mata dan tidak memberikan respon atau tanggapan ketika ada orang lain yang mengajak berkomunikasi. Namun, seringkali gejalanya mulai terlihat pada saat anak menginjak usia 2 tahunan.

Ciri-ciri anak autis, yaitu:

  • Kurangnya fokus pada sesuatu
  • Tidak responsif saat namanya dipanggil
  • Biasanya hanya menyukai objek tertentu
  • Sering melakukan hal-hal yang bisa membahayakan dirinya sendiri.

Sunat anak berkebutuhan khusus

Tahukah Ayah dan Bunda bahwa anak berkebutuhan khusus perlu penanganan khusus saat melakukan prosedur sunat. Dokter biasanya mengalami kesulitan saat menangani tindakan sunat jika anak terus memberontak dan tidak berhenti bergerak. Hal ini bisa sangat berbahaya bagi anak.

Banyak orang tua yang juga memilih untuk menunda sunat untuk anaknya. Selain karena tingginya risiko penularan virus Corona, beberapa klinik juga tidak memiliki dokter ahli untuk menangani anak berkebutuhan khusus.

Tidak semua klinik sunat bisa menangani anak berkebutuhan khusus. Pastinya Ayah dan Bunda tidak ingin mengambil risiko yang bisa membahayakan anak, jadi sebaiknya pilih tempat sunat yang sesuai dan memiliki tenaga medis profesional.

Mengetahui informasi cara mengobati infeksi setelah sunat ini sama pentingnya di saat ingin memilih tempat sunat pada anak laki-laki. Bagi ayah dan bunda yang sedang mencarikan tempat sunat, maka bisa langsung berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya untuk bertemu dengan Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *