Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Pengalaman Sunat Pertama: Panduan untuk Orang Tua

Ketika anak laki-laki lahir, mereka mempunyai selembar kulit yang menutupi ujung penisnya yang disebut dengan istilah kulup. Di dalam kondisi tertentu, ada beberapa dokter yang menyarankan untuk mengangkat kulup tersebut sesegera mungkin melalui prosedur sunat. Namun, ada pula yang memutuskan untuk menundanya. Apapun pilihan yang akan diambil, tidak ada salahnya untuk mempelajari beberapa hal terkait sunat di bawah ini terlebih dahulu.

Apa Itu Sunat?

Sunat adalah operasi pengangkatan kulup untuk mengekspos ujung penis. Jadi kulup penis yang menutupi kelenjar, atau kepala penis akan dipotong sampai membuka ujung penis. Selain menjadi tradisi beberapa agama, dilansir dari Webmd, praktik sunat sudah ada sejak zaman Mesir kuno dan diyakini dapat membantu laki-laki menjaga kebersihan alat vitalnya.

Manfaat Kesehatan dari Sunat

Dilansir dari Parents, anak laki-laki yang telah disunat berisiko lebih rendah mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti :

  • Infeksi saluran kemih
  • Kanker penis
  • Penyakit menular seksual, termasuk HIV/ AIDS
  • Phimosis, suatu kondisi yang membuat pencabutan kulup tidak mungkin dilakukan

Apa yang Terjadi Selama Sunat Berlangsung?

Jika prosedur sunat dilakukan ketika si Kecil baru lahir, maka kemungkinan besar ia akan terjaga selama penyunatan. Langkah pertama yang dilakukan adalah menempatkan si Kecil di punggungnya dengan tali Velcro atau pengikat lain agar lengan dan kakinya tetap diam.

Dokter kemudian akan membersihkan area penis dengan antiseptik, lalu menyuntikkan anestesi ke pangkal penis untuk meredakan rasa nyeri. Selanjutnya dokter akan memakai cincin plastik atau klem yang digunakan untuk penyunatan.

Klem kemudian akan dipasang ke penis dan dokter akan memotong kulup berlebih. Di akhir tindakan, dokter akan mengoleskan salep seperti petroleum jelly ke penis dan membungkusnya dengan kain kasa. Prosedur ini biasanya akan berlangsung selama sekitar 10 menit.

Bagi Anda yang ingin melakukan sunat dengan nyaman dan aman, maka bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Lakukan pemesanan kepada pihak customer service dari penyedia layanan tersebut dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat agar proses sunat bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *