Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Apakah Sunat Wajib? Perspektif dari Segi Kesehatan dan Agama

Sunat atau khitan merupakan prosedur bedah yang telah dilakukan sejak dahulu. Selain memiliki nilai budaya dan agama, sunat juga memiliki manfaat medis yang telah diteliti secara luas. Dari sisi medis, sunat pada pria memiliki ragam manfaat, misalnya mencegah infeksi saluran kemih, mencegah risiko penularan penyakit menular seksual, mencegah gangguan penis dan kanker penis, serta memudahkan dalam menjaga kebersihan penis.

Manfaat Sunat Menurut Agama Islam

1. Mencegah Terjadinya Infeksi Saluran Kemih

Walaupun umumnya infeksi saluran kemih lebih banyak terjadi pada wanita, akan tetapi pria yang belum sunat juga memiliki risiko tinggi terserang infeksi saluran kemih. Sunat atau khitan memiliki salah satu manfaat yaitu mencegah risiko infeksi saluran kemih (ISK).

2. Menekan Risiko Penularan Penyakit Menular Seksual

Manfaat sunat selanjutnya adalah untuk menekan risiko penyakit menular seksual seperti HIV, herpes genital dan sifilis. Tidak hanya itu, manfaat ini juga bermanfaat dalam menurunkan risiko penyakit menular seksual pada pasangan wanitanya.

3. Mengurangi Risiko Gangguan Penis dan Kanker Penis

Pria dewasa yang belum di sunat memiliki risiko yang cukup tinggi mengalami fimosis. Fimosis adalah kondisi ketika kulup penis tertarik, namun tersangkut dan tidak dapat kembali ke posisi semula. Prosedur sunat dilakukan umumnya bertujuan untuk mengurangi risiko seorang pria terserang gangguan pada penis seperti yang telah dijelaskan, baik itu fimosis dan balanitis.

Kemudian, sunat atau khitan juga bermanfaat dalam mengurangi risiko kanker penis. Karena walaupun risiko kanker penis ini cenderung kecil terjadi pada pria, namun risiko kanker penis dapat meningkat pada pria yang tidak disunat

4. Memudahkan Dalam Menjaga Kebersihan Penis

Kulup atau kulit yang menutupi ujung penis sangat berpotensi menjadi tempat penumpukan sel kulit mati, bakteri dan minyak. Bagi pria yang tidak sunat, penis harus dibersihkan dengan ekstra. Karena apabila tidak dibersihkan maka dapat terjadi penumpukan daki atau bercak putih kekuningan (smegma) dengan bau yang tidak sedap dan meningkatkan risiko infeksi. Jadi, sunat atau khitan sangat baik untuk membantu menjaga kebersihan penis.

Bagi Anda yang ingin melakukan sunat dengan nyaman dan aman, maka bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Lakukan pemesanan kepada pihak customer service dari penyedia layanan tersebut dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat agar proses sunat bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *