Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Prosedur Khitan pada Anak: Apa yang Harus Diketahui Orang Tua

Memilih layanan sunat tentunya harus sesuai dengan kebutuhan si kecil. Kini, sunat saat di rumah menjadi solusi terbaik untuk anak dan keluarga. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan, layanan ini semakin diminati oleh banyak orangtua. Sunat di rumah bisa membantu mengurangi rasa takut dan mencegah trauma pada diri si kecil karena lebih aman serta nyaman. Lalu, apa saja persiapan yang harus Ayah Bunda lakukan? Yuk, cek di artikel ini ya.

Persiapan Sunat yang Harus Diketahui

Ada beberapa persiapan yang harus Ayah Bunda lakukan agar memudahkan proses sunat di waktu yang sudah ditentukan. Berikut adalah penjelasan selengkapnya :

1. Berkonsultasi dengan Dokter

Berkonsultasilah dengan dokter dan tanyakan beberapa hal dengan lebih detail. Misalnya, metode apa yang akan dokter gunakan dan seperti apa kelebihannya. Beritahukan kepada dokter jika si kecil memiliki kondisi medis seperti fimosis, balanitis atau jika ia mengidap penyakit tertentu.

2. Persiapkan Mental Anak

Faktor psikologis anak sangat memengaruhi proses sunatnya. Ayah Bunda sebaiknya tidak memaksa si kecil dan bisa membujuknya secara perlahan agar ia lebih siap untuk menjalani prosedur sunat. Sebab, memaksanya hanya akan menimbulkan rasa trauma pada anak. Ayah Bunda bisa memberikan gambaran-gambaran yang menyenangkan tentang sunat dan manfaat setelah sunat.

3. Mengajaknya Bermain atau Berlibur Sebelum Hari Sunat

Untuk membuatnya lebih nyaman dan tenang, ajaklah ia bermain ke taman atau berlibur sebelum sunat. Ayah Bunda bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat liburan si kecil menjadi tak terlupakan. Janjikan juga kepadanya untuk pengalaman liburan lagi apabila ia bisa melalui proses sunat dengan baik. Ayah Bunda juga bisa memberikannya mainan atau hadiah setelah sunat selesai.

4. Tetap Jaga Kesehatan Anak

Berikan ia makanan bergizi seimbang agar kesehatannya tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk mengajaknya beristirahat dengan cukup. Pastikan kondisi fisiknya juga benar-benar baik dan ia dalam kondisi yang fit sebelum sunat. Selalu bersihkan penis si kecil agar dokter juga dapat dengan mudah melakukan proses sunat.

5. Berikan Support dan Selalu Dampingi Anak

Selalu berikan dukungan pada anak agar ia tetap merasa nyaman saat proses sunat dilakukan. Ajaklah bercerita mengenai hal-hal yang ia sukai dan peluklah si kecil sebelum tindakan sunat. Selama prosesnya, selalu damping si kecil agar ia bisa lebih tenang dan tidak memberontak.

Mengetahui informasi cara mengobati infeksi setelah sunat ini sama pentingnya di saat ingin memilih tempat sunat pada anak laki-laki. Bagi ayah dan bunda yang sedang mencarikan tempat sunat, maka bisa langsung berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya untuk bertemu dengan Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *