Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Mengatasi Ketakutan Anak terhadap Proses Khitan

Biasanya kebanyakan anak akan mengalami rasa takut sebelum khitan, baik khitan laser, khitan konvensional, ataupun sunat lainnya. Bukan tanpa sebab mereka takut, tapi ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mereka takut sunat. Misalnya, takut dengan dokter, takut dengan jarum suntik, atau takut karena sebelumnya pernah ditakut-takuti soal sunat.

Perasaan takut tersebut terkadang dapat berlebihan dan perlu segera mendapatkan penanganan agar hal dapat teratasi dengan tepat. Dalam hal ini, tentunya peran orangtua sangat penting. Maka dari itu, orangtua perlu tahu cara yang efektif untuk melawan rasa takut anak tersebut. Sehingga, seiring dengan berjalannya waktu, perasaan takut tersebut tidak menimbulkan trauma kemudian hari.

Tips Anak Melawan Rasa Takut Sebelum Sunat Laser

Rasa takut adalah hal yang normal saat masa kanak-kanak. Hal yang paling penting adalah orangtua dan anak perlu belajar untuk mengatasinya. Beberapa anak yang belajar dan berpikir secara berbeda mungkin memiliki lebih banyak ketakutan dan kecemasan daripada anak lainnya. Mereka tentunya akan mudah merasa khawatir.

Selain itu, rasa takut pada anak dapat berhubungan langsung dengan sesuatu yang sedang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak Ayah dan Bunda tidak takut khitan :

1. Menjadi Pendengar yang Baik

Salah satu hal yang dapat orangtua lakukan agar anak dapat melawan rasa takutnya adalah dengan menjadi pendengar yang baik terkait hal yang menjadi ketakutannya. Anak mungkin perlu sedikit dorongan, tetapi cobalah sebisa mungkin mereka yang mengatasinya. Saat anak sudah menggunakan emosinya ketika berbicara, ketakutan yang ada mulai lebih dapat mudah untuk mengendalikan. Cobalah untuk lebih sering bertanya pada anak terkait perkembangan terkait rasa takutnya agar mampu membuatnya lebih baik.

2. Tanggapi Rasa Takut dengan Serius

Sebagai orangtua, jangan pernah menyepelekan rasa takut anak yang dapat membuatnya benar-benar kecewa. Selalu pastikan jika anak tahu apabila sangat penting untuk mengatasi rasa takut tersebut. Sehingga anak semakin terbuka tentang perasaan takutnya dan bahkan hal lainnya.

3. Berikan Ketenangan pada Anak

Orangtua juga dapat membuat anak mampu melawan rasa takutnya dengan cara selalu memberikan rasa tenang dan aman. Saat anak menceritakan tentang rasa takutnya, penting untuk mendengarkan dengan baik dan memberikan kata yang bijak, semangat. Hal tersebut dapat membuatnya merasa aman dan lebih kuat untuk menghadapi rasa takutnya.

Apabila Ayah dan Bunda ingin melakukan khitan dengan nyaman, maka bisa langsung datang ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Lakukan reservasi sekarang juga dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syaaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *