Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Khitan di Rumah vs. Khitan di Klinik: Mana yang Lebih Baik?

Khitan anak atau sirkumsisi adalah tindakan medis yang erat kaitannya dengan budaya dan keagamaan. Maka dari itu, tidak heran masih banyak orang melakukan sunat dengan cara tradisional oleh dukun sunat. 

Padahal, mengutip dari Journal of Medical Ethics (2002) menyatakan bahwa, sunat atau khitan adalah tindakan prosedur medis, untuk bertujuan memotong kulit pada area kulit kulup pada penis. Sehingga, tindakan ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Untuk menjaga keamanan dan meminimalisir risiko, maka sebaiknya Ayah dan Bunda melakukan sunat pada anak dengan bantuan dokter spesialis bedah dan dokter umum, ya!

PERBEDAAN DOKTER SPESIALIS BEDAH DENGAN DOKTER UMUM 

Untuk melakukan sunat, biasanya harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah maupun dokter umum. Namun, apakah perbedaan dari keduanya? Perbedaan keduanya terletak pada masa atau waktu pendidikan serta pekerjaannya. 

Biasanya, untuk dokter umum akan menyelesaikan masa pendidikannya dalam waktu kurang lebih selama 5 tahun untuk mempelajari ilmu kedokteran. Namun berbeda dengan dokter spesialis bedah, di mana seseorang harus menempuh pendidikan spesialis kurang lebih selama 4-6 tahun lamanya. Sehingga, seringkali dokter spesialis bedah ini melakukan pekerjaan di dalam tindakan medis yang lebih kompleks. 

Meskipun begitu, sunat atau sirkumsisi pada anak normal ini biasanya masih bisa Ayah dan Bunda lakukan dengan bantuan dokter umum. Namun pada khitan anak yang mempunyai kondisi tertentu, seperti penis tenggelam. Maka dari itu, Anda sebaiknya melakukan khitan dengan bantuan dokter spesialis bedah karena tindakan khitan akan lebih kompleks dan sulit dari khitan biasanya. 

DI MANA MELAKUKAN KHITAN YANG LEBIH MINIM RISIKO?

Salah satu klinik yang mempunyai layanan metode modern dan dokter profesional dan berpengalaman adalah klinik Rumah Khitan Syafaat. Untuk layanan anak sunat reguler di mana anak mempunyai kondisi penis normal, Rumah Khitan Syafaat melibatkan dokter umum untuk menangani tindakan sunat. 

Namun untuk anak dengan kondisi penis tenggelam, maka layanan yang tepat Ayah dan Bunda pilih adalah layanan sunat gemuk. Di mana sunat tersebut akan dilakukan oleh dokter spesialis bedah, sehingga untuk Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir soal kenyamanan khitan di Rumah Khitan Syafaat. 

MEMILIH METODE KHITAN ANAK YANG TEPAT

Selain mempunyai dokter umum dan dokter spesialis bedah yang membantu untuk menangani khitan. Rumah Khitan Syafaat juga mempunyai 2 metode unggul yang bisa Ayah dan Bunda pilih untuk menyunatkan Sang Jagoan, di antaranya adalah metode Mahdian Klem dan metode Optical MASTER. 

Metode ini merupakan metode yang minim resiko, minim nyeri, tanpa jahit dan perban. Sehingga, sunat bukan lagi menjadi hal yang menyeramkan. 

Sedangkan, untuk perbedaan dari kedua metode ini adalah waktu tindakannya. Sunat Optical Master ini mempunyai waktu tindakan 3 menit dan proses penyembuhan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *