Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Sunat dan Kebersihan Pribadi: Apa Manfaatnya?

Anda tentu sudah tidak asing dengan tradisi sunat atau khitan yang ada di masyarakat. Selain karena alasan agama dan budaya, sunat juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan pria. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Ragam Manfaat Sunat untuk Kesehatan Pria

Sederhananya, sunat atau khitan merupakan prosedur pengangkatan kulit kulup yang menutupi kepala penis.  Sunat bisa dilakukan pada hari pertama atau kedua setelah lahir. Beberapa orang tua juga lebih memilih mengkhitan anak laki-lakinya saat menginjak usia sekolah. 

Selain itu, ada pula yang baru sunat saat dewasa Pada umumnya, ini dilakukan dengan mengikuti kesiapan mental orang yang hendak disunat. Pertimbangan untuk memilih sunat atau tidak terkadang memang masih menjadi perdebatan. Namun, manfaat sunat untuk kesehatan sebenarnya jauh lebih banyak daripada risikonya dan berikut adalah beberapa di antaranya :

1. Menjaga Kebersihan Penis

Penis yang tidak disunat memerlukan perhatian ekstra. Pasalnya, kulup atau lipatan kulit pada ujung kemaluan dapat menjadi tempat menumpuknya sel kulit mati, minyak dan bakteri. Apabila kulup tidak dibersihkan dengan baik, hal ini akan menyebabkan penumpukan daki atau bercak berwarna putih kekuningan yang disebut smegma. Smegma mempunyai bau tidak sedap dan dapat meningkatkan risiko infeksi pada area vital.

2. Menurunkan Risiko Infeksi Saluran Kemih

Kebersihan penis yang terjaga dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih (ISK). Meskipun risiko infeksi saluran kemih pada pria cenderung lebih rendah dibandingkan wanita, penyakit ini lebih sering terjadi pada mereka yang tidak disunat. Sebuah tinjauan yang dimuat dalam jurnal sunat bisa mencegah 87–261 kasus ISK per 1.000 anak laki-laki dengan riwayat infeksi sebelumnya.

3. Mencegah penularan penyakit kelamin

Salah satu manfaat sunat untuk kesehatan pria yakni menurunkan risiko penyakit nular seksual, seperti infeksi human papillomavirus (HPV), herpes genital, dan sifilis. Bahkan, laporan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menunjukkan bahwa prosedur sunat atau sirkumsisi membantu menurunkan risiko infeksi HIV. Selain memberikan manfaat bagi pria yang dikhitan itu sendiri, pasangan wanita yang berhubungan intim dengannya juga berisiko lebih rendah untuk terinfeksi sifilis dan klamidia.

Bagi Anda yang ingin melakukan sunat dengan nyaman dan aman, maka bisa langsung saja berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Lakukan pemesanan kepada pihak customer service dari penyedia layanan tersebut dengan menyebutkan Dr. Iqbal Margi Syafaat agar proses sunat bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *