Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Manfaat Sunat Bagi Laki-Laki

Manfaat Sunat Bagi Laki-Laki

Sunat adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengangkat kulup penis. Kulup adalah kulit yang menutupi kepala penis. Sunat biasanya dilakukan pada bayi laki-laki, tetapi juga dapat dilakukan pada anak-anak dan orang dewasa. pada artikel ini akan dibahas tentang manfaat sunat bagi laki laki

Manfaat Sunat Bagi Laki-Laki

Sunat dapat mengurangi risiko infeksi dan komplikasi kesehatan yang serius. Hal ini dapat membantu laki-laki menjalani kehidupan yang lebih sehat dan produktif. Berikut penjelasan manfaat sunat bagi Laki Laki

  1. Mencegah infeksi saluran kemih (ISK)

ISK adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih, termasuk kandung kemih, ureter, dan uretra. ISK lebih sering terjadi pada laki-laki yang tidak disunat. Hal ini karena kulup penis dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, anak laki-laki yang disunat memiliki risiko 10 kali lebih rendah untuk mengalami ISK dibandingkan dengan anak laki-laki yang tidak disunat. ISK dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, sering buang air kecil, dan darah dalam urine. Jika tidak diobati, ISK dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti kerusakan ginjal.

  1. Mencegah infeksi menular seksual (IMS)

IMS adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Beberapa jenis IMS, seperti HIV/AIDS, herpes genital, dan sifilis, dapat dicegah dengan sunat.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Global Health, pria yang disunat memiliki risiko 60% lebih rendah untuk terinfeksi HIV dibandingkan dengan pria yang tidak disunat. Hal ini karena kulup penis dapat menjadi tempat berkembang biak virus HIV.

  1. Mencegah kanker penis

Kanker penis adalah kanker yang terjadi pada penis. Kanker penis lebih jarang terjadi pada laki-laki yang disunat.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer, pria yang disunat memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengembangkan kanker penis dibandingkan dengan pria yang tidak disunat.

  1. Meningkatkan kebersihan

Sunat dapat memudahkan pria untuk membersihkan penisnya. Hal ini dapat membantu mencegah infeksi dan iritasi.

Kulup penis dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Sunat dapat membantu menghilangkan kulup penis, sehingga penis menjadi lebih bersih dan mudah dijaga.

  1. Meningkatkan kepuasan seksual

Sebuah studi menunjukkan bahwa pria yang disunat cenderung lebih puas dengan kehidupan seksualnya.

Studi tersebut, yang diterbitkan dalam jurnal The Journal of Sexual Medicine, menemukan bahwa pria yang disunat memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang tidak disunat. 

  1. Mencegah infeksi gonorrhea

Sunat dapat membantu mencegah infeksi gonorrhea dan chlamydia dengan mengurangi jumlah bakteri yang dapat berkembang biak di kulup penis. Kulup penis adalah lipatan kulit yang menutupi kepala penis. Kulup penis dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri, termasuk bakteri penyebab gonorrhea dan chlamydia.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Global Health menemukan bahwa pria yang disunat memiliki risiko 30% lebih rendah untuk terinfeksi gonorrhea dan 20% lebih rendah untuk terinfeksi chlamydia dibandingkan dengan pria yang tidak disunat.

  1. Mencegah infeksi chlamydia

Chlamydia adalah infeksi bakteri yang dapat menyebar melalui hubungan seksual vaginal, anal, atau oral. Bakteri penyebab chlamydia dapat menginfeksi saluran kemih, termasuk kandung kemih, ureter, dan uretra. Chlamydia juga dapat menginfeksi leher rahim, vagina, dan anus.

Sunat dapat membantu mencegah infeksi chlamydia dengan mengurangi jumlah bakteri yang dapat berkembang biak di kulup penis. Kulup penis dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab chlamydia, karena kulup penis memiliki banyak lipatan dan celah yang dapat menjadi tempat bersembunyi bakteri. Itulah penjelasan lengkap 7 manfaat sunat. 

Baca Juga: Manfaat Sunat untuk Pria Dewasa

Jika ingin mendapatkan manfaat sunat bagi kesehatan anak, segeralah hubungi Rumah Khitan Syafaat. Rumah Khitan Syafaat adalah klinik khitan profesional yang berpengalaman lebih dari 10 tahun. Klinik ini menggunakan metode khitan modern yang aman dan nyaman bagi anak-anak.

Rumah Khitan Syafaat juga memiliki tim dokter dan perawat yang berpengalaman dan profesional. Mereka akan memberikan perawatan yang terbaik untuk anak.

Hubungi Rumah Khitan Syafaat sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan jadwal khitan.Kunjungi website Rumah Khitan Syafaat di sini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *