Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Apakah Sunat Laser Sakit? Ketahui Faktanya!

Apakah Sunat Laser Sakit

Sunat laser adalah salah satu metode sunat modern yang saat ini semakin populer. Metode ini dinilai lebih aman dan nyaman karena bersifat non-invasif dan minim perdarahan. Namun, apakah sunat laser sakit?

Secara umum, sunat laser memang lebih minim rasa sakit dibandingkan dengan metode sunat tradisional. Hal ini dikarena sunat laser dilakukan dengan menggunakan alat bernama electrocauter. Alat ini berbentuk seperti bolpoin dan memiliki dua lempeng kawat yang saling berkaitan di ujungnya. Ketika dialiri listrik, kedua ujung electrocauter akan memerah dan memanas. 

Faktor yang Memengaruhi Apakah Sunat laser sakit?

Meskipun sunat laser memiliki keunggulan teknologi dalam pemakaian prosedur sunat, namun tetap saja ada kemungkinan pasien merasakan nyeri setelah sunat laser. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Tingkat sensitivitas kulit yang berbeda-beda

Pertama, bahwa setiap orang memiliki tingkat sensitivitas kulit yang berbeda-beda. Ada orang yang memiliki kulit yang lebih sensitif sehingga lebih mudah merasakan nyeri, termasuk setelah sunat laser.

  1. Efek samping obat bius lokal

Kedua, Bahwa obat bius lokal yang digunakan untuk sunat laser dapat menimbulkan efek samping, seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan di area bekas sunat. Efek samping ini biasanya akan hilang dalam beberapa hari.

  1. Adanya komplikasi selama atau setelah sunat

Ketiga, bahwa komplikasi selama atau setelah sunat, seperti perdarahan, infeksi, atau reaksi alergi terhadap obat, juga dapat menyebabkan rasa sakit.

Sehingga, pada saat prosedur sunat laser dilakukan, dokter akan menyuntikkan obat bius lokal ke area penis. Obat bius lokal ini akan bekerja untuk mematikan rasa sakit di area tersebut. Oleh karena itu, selama prosedur sunat berlangsung, pasien tidak akan merasakan sakit.

Namun, setelah prosedur sunat selesai, pasien mungkin akan merasakan nyeri di area penis. Nyeri ini biasanya disebabkan oleh bekas luka sunat. Nyeri ini biasanya akan mereda dalam beberapa hari setelah sunat.

Bagaimana Tips Mengurangi Sakitnya?

Dengan menggunakan metode ini, apakah sunat laser sakit? Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi rasa nyeri setelah sunat laser:

  1. Minum obat penghilang rasa sakit sesuai anjuran dokter

Hal pertama yang perlu diperhatikan tentunya adalah, obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol atau ibuprofen, dapat membantu mengurangi nyeri setelah sunat laser. Obat ini biasanya diberikan oleh dokter sebelum atau setelah sunat.

  1. Kompres area penis dengan air dingin

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah dengan mengkompres dengan suhu yang dingin dapat membantu mengurangi nyeri dan bengkak di area bekas sunat. Kompres dengan suhu dingin bisa dilakukan dengan cara mengompres area bekas sunat dengan es batu yang dibungkus kain selama 20 menit setiap 4-6 jam.

  1. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman

Remeh tapi harus diperhatikan juga adalah dalam pemilihan pakaian yang ketat. Hal ini dapat menghambat sirkulasi darah di area bekas sunat dan menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dan nyaman setelah sunat laser.

  1. Hindari melakukan aktivitas yang berat

Tak boleh lupa dalam memperhatikan aktivitas yang dilakukan. Aktivitas berat dapat meningkatkan risiko perdarahan dan infeksi di area bekas sunat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang berat selama beberapa hari setelah sunat laser. Namun perlu diperhatikan bahwa, jika rasa nyeri setelah sunat laser tidak kunjung mereda, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Sunat laser merupakan metode sunat yang aman, nyaman, dan minim rasa sakit. Jika sedang mencari tempat sunat anak yang profesional dan terpercaya, Rumah Khitan Syafaat adalah pilihan yang tepat. Rumah Khitan Syafaat telah berpengalaman dalam melakukan sunat anak dengan menggunakan metode sunat laser.

Baca Juga: Kelebihan Sunat Laser

Di Rumah Khitan Syafaat, akan ditangani langsung oleh dokter yang profesional dan berpengalaman. Selain itu, Rumah Khitan Syafaat juga menggunakan peralatan yang modern dan steril.

Segera hubungi Jasa Sunat Malang untuk informasi lebih lanjut dan untuk membuat janji sunat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *