Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Manfaat dan Perawatan Khitan

Manfaat dan Perawatan Khitan

Khitan adalah salah satu sunat yang dianjurkan dalam agama Islam. Selain itu, khitan juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Khitan dapat mengurangi risiko infeksi saluran kemih, kanker penis, dan penyakit menular seksual. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai manfaat dan perawatan khitan:

Manfaat Khitan

Khitan adalah salah satu tindakan wajib jika ingin menjaga kesehatan alat reproduksi pria. Dengan mengkhitan banyak manfaat yang didapat mulai dari segi kesehatan, hubungan rumah tangga (hubungan suami istri), agama, dan lain-lain.

1. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra. ISK dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, keluarnya urine berdarah, demam, dan mual.

ISK lebih sering terjadi pada anak laki-laki yang tidak disunat daripada anak laki-laki yang disunat. Hal ini karena bagian dalam kulup penis merupakan tempat yang lembab dan hangat, sehingga menjadi tempat yang ideal bagi bakteri berkembang biak. Khitan dapat mengurangi risiko ISK dengan membuka kepala penis, sehingga memudahkan pembersihan dan mengurangi perangkap bakteri.

2. Mengurangi risiko kanker penis

Kanker penis adalah jenis kanker yang jarang terjadi, tetapi dapat berakibat fatal. Kanker penis biasanya terjadi pada pria berusia 50 tahun ke atas.

Kanker penis disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal pada kulit penis. Faktor risiko kanker penis meliputi:

  • Usia
  • Riwayat keluarga dengan kanker penis
  • Infeksi HPV

Khitan dapat mengurangi risiko kanker penis sebesar 50-60%. Hal ini karena kulup penis mengandung sel-sel yang rentan terhadap infeksi HPV, yang merupakan salah satu faktor risiko kanker penis.

3. Mengurangi risiko penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. PMS dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit.

Beberapa PMS yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual meliputi:

  • Human Papillomavirus (HPV)
  • Human immunodeficiency virus (HIV)
  • Sipilis
  • Klamidia
  • Gonorhea

Khitan dapat mengurangi risiko penularan PMS dengan menurunkan jumlah sel-sel yang rentan terhadap infeksi. Hal ini karena kulup penis mengandung sel-sel yang dapat terinfeksi oleh bakteri dan virus penyebab PMS.

4. Meningkatkan kebersihan alat kelamin

Khitan dapat memudahkan pembersihan alat kelamin, sehingga mengurangi risiko infeksi dan penyakit. Kulup penis dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kotoran, sehingga sulit dibersihkan. Khitan dapat membuka kepala penis, sehingga memudahkan pembersihan dan mengurangi perangkap bakteri dan kotoran.

Salah satu tujuan dari khitan adalah meningkatkan kebersihan alat kelamin. Sehingga dalam mencapai ini maka anak harus mengoptimalkan manfaat dan perawatan khitan. Selain itu para orang tua harus rutin berkonsultasi dengan dokter agar supaya jika terjadi tanda-tanda patologis segara ditangani.

5. Meningkatkan fungsi seksual

Khitan tidak memiliki dampak negatif terhadap fungsi seksual. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa khitan dapat meningkatkan fungsi seksual, seperti kepuasan seksual dan ereksi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Urology” pada tahun 2013 menemukan bahwa pria yang disunat lebih puas secara seksual daripada pria yang tidak disunat. Penelitian tersebut juga menemukan bahwa pria yang disunat memiliki risiko ejakulasi dini yang lebih rendah.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “The Journal of Sexual Medicine” pada tahun 2015 menemukan bahwa pria yang disunat lebih mungkin mengalami orgasme saat berhubungan seksual daripada pria yang tidak disunat.

Perawatan Khitan

Setelah khitan, penting untuk melakukan perawatan yang tepat agar proses penyembuhannya berjalan lancar. Berikut ini adalah langkah perawatan setelah khitan:

1. Jagalah area khitan tetap bersih dan kering

Area khitan harus dijaga agar tetap bersih dan kering untuk mencegah infeksi. Sehingga dapat langsung membersihkan area khitan dengan air hangat dan sabun lembut. Hindari menggunakan sabun yang mengandung pewangi atau alkohol, karena dapat mengiritasi kulit. Setelah membersihkan area khitan, keringkan dengan handuk bersih.

2. Gunakan obat oles yang diberikan oleh dokter

Dokter biasanya akan memberikan obat oles untuk membantu penyembuhan luka khitan. Oleskan obat oles sesuai dengan anjuran dokter. Sehingga nantinya tujuan dari khitan dapat dicapai secara optimal. Selain itu anak juga harus memperhatikan jika terdapat tanda patologis pada alat kelaminnya agar manfaat dan perawatan khitan bisa digapai sesuai dengan semestinya.

3. Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan gesekan pada area khitan

Hindari aktivitas yang dapat menyebabkan gesekan pada area khitan, seperti berenang, naik sepeda, dan bermain sepak bola. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat menyebabkan luka khitan terbuka dan infeksi.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membantu tubuh untuk memulihkan diri dari khitan. Pastikan anak mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 8-10 jam setiap malam.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk merawat area khitan:

  • Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman agar tidak mengiritasi area khitan.
  • Hindari menggunakan celana dalam yang ketat atau berbahan sintetis.
  • Jika mendapati ada tanda-tanda infeksi, seperti nyeri yang parah, perdarahan yang tidak berhenti, atau bengkak yang parah, segera hubungi dokter.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, luka khitan akan sembuh dalam waktu sekitar 1-2 minggu.

Itulah penjelasan lengkap menganai bagaiamana manfaat dan perawatan khitan yang tepat. Selain dari penjelasan ini , para orang tua juga harus berkonsultasi secara berkala agar anak mendapatkan pantauan khusus dari dokter. Sehingga jika terjadi tanda-tanda yang berbahaya bisa langsung tertangani.

Tanda dan Gejala Bahaya Pasca Khitan

Saat setelah melakukan proses khitan, pasti timbul beberapa tanda dan gejala yang bermacam-macam. Bisa termasuk dalam tanda penyakit atau tanda yang lain. Sehingga para orang tua harus faham bagaiamana tanda dan gejela patologis yang berbahaya. Sehingga saat tanda ini muncul maka, bisa langsung tertangani.

Oleh karena itu, perhatian khusus pada anak harus dilakukan secara serius, sehingga nantinya tujuan dari khitan dapat dicapai secara optimal. Selain itu anak juga harus memperhatikan jika terdapat tanda patologis pada alat kelaminnya agar manfaat dan perawatan khitan bisa digapai sesuai dengan semestinya.

1. Nyeri yang parah

Nyeri adalah gejala umum setelah khitan. Namun, jika nyeri yang dialami sangat parah, segera hubungi dokter. Nyeri yang parah dapat menjadi tanda-tanda infeksi atau komplikasi lainnya. Sehingga nantinya tujuan dari khitan dapat dicapai secara optimal. Selain itu anak juga harus memperhatikan jika terdapat tanda patologis pada alat kelaminnya agar manfaat dan perawatan khitan bisa digapai sesuai dengan semestinya.

2. Perdarahan yang tidak berhenti

Perdarahan ringan setelah khitan adalah hal yang normal. Namun, jika perdarahan tidak berhenti, segera hubungi dokter. Perdarahan yang tidak berhenti dapat menjadi tanda-tanda komplikasi yang serius.

3. Demam

Demam ringan setelah khitan adalah hal yang normal. Namun, jika demam mencapai 38 derajat Celcius atau lebih, segera hubungi dokter. Demam dapat menjadi tanda-tanda infeksi.

4. Bengkak yang parah

Bengkak ringan setelah khitan adalah hal yang normal. Namun, jika bengkak sangat parah, segera hubungi dokter. Bengkak yang parah dapat menjadi tanda-tanda komplikasi yang serius.

Selain gejala-gejala di atas, juga harus segera hubungi dokter jika mendapati adanya tanda-tanda infeksi, seperti:

  • Kulit merah, bengkak, atau nyeri di sekitar area khitan
  • Keluarnya cairan yang berbau busuk dari area khitan
  • Munculnya nanah di area khitan
  • Munculnya ruam di area khitan

Segera hubungi dokter jika sedang mengalami salah satu gejala di atas agar dapat segera ditangani dan tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Baca Juga: Seberapa Pentingkah Sunat Bagi Kesehatan?

Rumah Khitan Syafaat adalah salah satu klinik khitan anak yang terpercaya di Indonesia. Klinik ini memiliki tim dokter dan perawat yang berpengalaman dan profesional. Rumah Khitan Syafaat juga menggunakan peralatan yang modern dan steril.

Jika sedang mencari klinik khitan anak yang terpercaya, Rumah Khitan Syafaat adalah pilihan yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut, Segera Hubungi klinik sunat terdekat sekarang juga untuk informasi lebih lanjut tentang khitan anak laki-laki. Kami siap melayani.

  • Kontak kami melalui telepon di nomor +6282140870008
  • Kunjungi website kami di rumah khitan syafaat 
  • Atau datang langsung ke klinik kami di Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8 Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari kab. Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *