Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Bagaimana Mencegah Varises

Pada umumnya, varises ini muncul pada permukaan kulit dan khususnya bagian kaki. Namun juga tidak menutup kemungkinan, kalau penyakit yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena ini ini terlihat pada bagian tubuh lainnya. 

Selain merusak penampilan kulitmu, varises ini juga dapat menimbulkan komplikasi di saat tidak diobati dengan benar. Jangan khawatir, sebagai berikut adalah beberapa cara untuk mencegah varises.

Cara Mengatasi Varises yang Efektif

Sebenarnya, tidak ada cara yang paling ampuh untuk mencegah munculnya varises di permukaan kulit. Tapi disaat kamu mulai mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, maka kemungkinan besar bisa memperlambat kehadiran varises. Sebagai berikut adalah cara mencegah varises : 

1. Mulai Berolahraga 

Salah satu jenis olahraga yang ampuh untuk mencegah varises, yaitu berjalan kaki. Selain itu, melakukan gerakan yoga juga bisa menjadi bahan pertimbangan. 

Pose yang dianjurkan untuk kamu adalah headstand, shoulder stand atau legs up the wall. Untuk semua Gerakan tersebut bisa membantu meregangkan atau mengencangkan otot pada betis dan paha belakang. 

Bahkan, untuk semua otot tersebut bisa membantu melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena. Intinya, cara ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu, termasuk mencegah varises muncul.

2. Mengubah Pola Makan 

Garam atau makanan yang mengandung natrium juga bisa menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, dengan mengurangi makanan asin dan gurih ini bisa meminimalisasi situasi tersebut. 

Maka dari itu, gantilah dengan zat kalium karena bisa membantu mengurangi retensi air di dalam tubuh. Sebagai berikut adalah deretan makanan yang zat kalium dan cocok untuk menghindari terjadinya varises : 

  • Almond.
  • Kentang.
  • Ikan tuna atau salmon
  • Sayur-sayuran.
  • Kacang-kacangan.

Ada beberapa alasan kenapa kami harus mengurangi konsumsi makanan tinggi garam untuk mencegah varises. Ketika kandungan garam tinggi dan tubuh menahan air ini bisa membuat berat badan akan meningkat.

Orang dengan berat badan yang berlebih ini cenderung lebih tinggi dan cepat terkena varises. Alangkah baiknya, ketika mulai mengubah pola makan menjadi lebih sehat agar dapat mencegah timbulnya varises. 

Selain makanan asin, kurangi juga makanan tinggi lemak. Perlu diketahui, bahwa jenis makanan tersebut cenderung membuat berat badan naik lebih mudah dan cepat. 

3. Menghindari Duduk dan Berdiri dalam Jangka Waktu Lama 

Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan di dalam kurun waktu lama juga bisa menyebabkan varises. Hal tersebut terjadi, karena kedua posisi tersebut bisa mempersulit sirkulasi darah pada kaki dan tekanan pembuluh darah ikutan meningkat. 

Pada kondisi tersebut juga bisa menyebabkan darah menggumpal, mulai dari pergelangan kaki sampai betis dan membuatnya bengkak. Maka dari itu, istirahatkan kaki dengan cara meluruskannya atau sekedar menggerakan kaki supaya bisa memperlancar pembuluh darah.

Disaat kamu mengalami varises, maka harus diperhatikan karena bisa berdampak buruk. Bahkan, untuk  perihal tersebut juga terjadi di saat kamu akan melakukan sunat. 

Ada beberapa tempat yang bisa kamu jadikan tempat sunat, yaitu Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Bagi kamu yang ingin memilih sunat di salah satu tempat tersebut, maka bisa langsung saja menghubungi Dr. Iqbal Margi Syafaat melalui customer service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *