Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Hukum Khitan Bagi Laki-Laki Adalah Wajib

Hukum khitan bagi laki-laki adalah pembahasan pada artikel kali ini. Sunat bukanlah sebuah tradisi dan anjuran belaka. Melainkan prosedur tersebut menjadi salah satu tanda bahwa seorang laki-laki telah menjadi muslim yang kaffah. Akan ada penjelasan lebih lengkap mengenai hal ini.

Pengertian dan Hukum Khitan bagi Laki-Laki Adalah Wajib

Sunat, khitan, atau sirkumsisi merupakan suatu proses pelepasan kulup (preputium), yakni kulit yang menyelubungi ujung penis. Bukan hanya pada laki-laki dewasa saja. Tapi khitan juga kerap terjadi sejak awal pada bayi yang baru lahir.

Hukum khitan bagi laki-laki adalah wajib. Ini merupakan bentuk ibadah kepada muslim, yang mana syariatnya sudah ada sejak zaman Nabi Ibrahim AS. Khitan merupakan salah satu sarana sahnya salat seseorang. Selain itu bertujuan menghilangkan najis serta mengislamkan seorang hamba secara sempurna (kaffah).

Ternyata khitan bukan hanya kewajiban agama saja. Melainkan dari sisi medis pun banyak manfaatnya. Salah satunya yaitu menjaga kesehatan dan meminimalisir terjadinya penyakit menular. Jadi, dengan hukum khitan bagi laki-laki adalah wajib, maka menjadi keharusan untuk melakukannya.

Kapan Usia Terbaik Untuk Khitan?

Kalau bertanya usia khitan, banyak pendapat yang muncul. Menurut dr. Iqbal Margi Syafaat, kalau praktik secara umum di Indonesia, anak laki-laki mulai sunat ketika masuk usia Sekolah Dasar, sekitar 6 sampai 10 tahun. Karena semakin tua usianya, maka makin bertambah tingkat kerumitan, risiko, dan lebih lama proses penyembuhannya.

Dalam kitab Tuhfatul Muhtaj pun telah menerangkan pasal usia khitan tersebut. Kalau untuk batasnya ketika anak laki-laki sudah baligh, yakni berumur 15 tahun Hijriah atau sudah mengeluarkan sperma. Tapi yang lebih baik yaitu di usia 7 hari, 40 hari, serta 7 tahun.

Manfaat Khitan bagi Laki-Laki

Sirkumsisi pada laki-laki bukan hanya semata-mata untuk memenuhi kewajiban agama saja. Tapi memang ada banyak manfaat meliputinya, terlebih lagi dari segi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat sunat sebagaimana penjelasan dari dr. Iqbal Margi Syafaat:

1. Mencegah Fimosis

Fimosis adalah kelainan pada struktur kepada kemaluan laki-laki, yang sebenarnya normal terhadap anak-anak. Namun pada kondisi tertentu, bisa menimbulkan rasa nyeri pada kulup atau preputium. Tapi, khitan dapat mencegah laki-laki mengalami fimosis.

2. Mudah Membersihkan Alat Kelamin

Manfaat selanjutnya yaitu mempermudah seseorang dalam membersihkan alat kelaminnya. Hal ini memberikan manfaat untuk mencegah pria terkena infeksi berat, seperti gangrene. Kondisi tersebut merupakan matinya jaringan tubuh akibat tidak menerima suplai darah yang cukup.

Tempat Khitan bagi Laki-Laki

Karena hukum khitan bagi laki-laki adalah wajib, maka Ayah dan Bunda harus melakukan prosedurnya pada anak. Ketika sudah masuk usia layak sirkumsisi, lebih baik untuk menyegerakannya. Anda dapat melakukan khitan bersama dr. Iqbal Margi Syafaat di Rumah Khitan Syafaat.

Beliau menggunakan alat canggih dan tempat nyaman, sehingga terjamin aman. Beliau juga praktik di Syafubot Malang dan  Syafubot Surabaya. Saat proses konfirmasi dengan CS, jangan lupa menyebutkan nama dr. Iqbal.

Alamat Rumah Khitan Syafaat Malang :

WhatsApp Admin Rumah Khitan Syafaat Malang

Alamat Safubot Malang :

WhatsApp Admin Syafubot Malang

Alamat Safubot Surabaya :

WhatsApp Admin Safubot Surabaya

Jangan lupa request dengan dr. Iqbal biar tersampaikan ke admin

Segera sunat anak Anda dengan dr. Iqbal Margi Syafaat di Rumah Khitan Syafaat. Khitan ekslusif, juaranya khitan ya si Rumah Khitan Syafaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *