Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Mengenal Radang Kepala Penis (Balanitis) dan Pengobatannya

Radang kepala penis memang bukan menjadi penyakit yang cukup serius. Namun, kemerahan, bengkak dan rasa nyeri yang tidak nyaman bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengenal radang kepala penis atau balanitis lebih dekat, simak informasi selengkapnya di bawah ini. 

Radang Kepala Penis

Radang kepala penis merupakan peradangan yang terjadi pada kepala penis atau kulup penis. Kondisi ini bisa kamu kenali jika penis tampak merah dan bengkak.

Selain itu, radang kepala penis di dalam istilah medisnya adalah balanitis. Balanitis sering menyerang kepada anak-anak dengan usia  kurang dari 4 tahun dan pria dewasa yang belum melakukan sunat.  

Meski bukan penyakit serius dan bisa sembuh dengan penanganan yang tepat. Akan tetapi, balanitis tetap membutuhkan perhatian agar peradangan tidak semakin parah.

Penyebab Radang Kepala Penis 

Penyebab radang kepala penis juga biasanya terjadi oleh infeksi bakteri atau jamur, karena kurang menjaga kebersihan. Kulup atau kulit kepala penis ini harus dibersihkan secara rutin sebagai tindakan pencegahan. Selain infeksi bakteri dan jamur, balanitis juga bisa muncul karena beberapa hal sebagai berikut : 

  • Alergi terhadap alat kontrasepsi (kondom) dan pelumas berbahan lateks.
  • Mengalami obesitas. 
  • Menggunakan sabun yang bisa membuat kulit kepala penis menjadi kering.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti pereda nyeri, antibiotik, serta obat pencahar.
  • Terjadi cedera pada bagian ujung penis.
  • Penyakit lainnya, seperti fimosis.
  • Penyakit menular seksual, seperti sifilis, gonore, serta trikomoniasis.

Gejala Radang Kepala Penis

Balanitis mempunyai gejala utama berapa bengkak dan kemerahan pada kepala penis. Pembengkakan ini juga menyebabkan saluran kemih tertekan sehingga penderita merasakan nyeri saat kencing. Selain gejala utama tersebut, balanitis bisa menyebabkan gejala lainnya:

  • Bagian kepala penis terasa kencang.
  • Penis terasa gatal dan terbakar.
  • Muncul cairan berwarna kuning dan berbau tidak sedap.
  • Muncul benjolan pada bagian pangkal paha karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening

Pengobatan Radang Kepala Penis 

Ada 3 pengobatan yang bisa kamu gunakan :

1. Antijamur

Penyebab balanitis oleh infeksi jamur dapat diobati dengan antijamur. Biasanya obat anti jamur berbentuk tablet atau krim. Beberapa contoh obat antijamur yang umum, yaitu fluconazole, clotrimazole, serta itraconazole.

2. Antibiotik

Balanitis yang muncul, karena bakteri bisa diobati dengan antibiotik. Biasanya antibiotik berbentuk pil maupun salep. Contoh obat antibiotik yang umum adalah amoxicillin, ciprofloxacin, serta cefadroxil.

3. Kortikosteroid

Untuk meredakan peradangan yang terjadi di  kepala penis, maka pihak dokter akan memberikan salep kortikosteroid. Salep yang umum diberikan oleh dokter adalah betamethasone, methylprednisolone, serta prednisolone.

Untuk membantu penyembuhan radang di kepala penis, sebaiknya mengurangi penggunaan sabun selama penis masih kondisi radang. Pembersihan penis menggunakan air hangat ini lebih dianjurkan. 

Gunakan jug lotion pelembab supaya penis tidak kering. Apabila balanitis muncul karena penyakit menular seksual, maka hindari melakukan hubungan seksual hingga sembuh.

Pencegahan Radang Kepala Penis

Satu hal paling utama untuk mencegah serangan balanitis adalah menjaga kebersihan penis. Penis akan lebih mudah dibersihkan jika sudah melakukan sunat. 

Maka dari itu, dianjurkan kepada pria dewasa yang belum sunat untuk segera melakukannya. Selain itu, ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa diikuti agar terhindar dari radang kepala penis. 

  • Selalu cuci tangan sebelum memegang penis.
  • Menggunakan kondom dengan bahan yang cocok untuk kulit sensitif.
  • Turunkan berat badan jika mengalami obesitas.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui penyakit yang menjadi faktor risiko balanitis.

Menjaga kebersihan penis adalah tindakan yang sangat penting untuk para pria. Penis yang tidak bersih bisa menjadi sarang berbagai penyakit. 

Infeksi bakteri dan jamur juga menyerang penis yang tidak rajin dibersihkan. Maka dari itu, jagalah kebersihan penis demi mencegah datangnya berbagai penyakit.

Nah, bagaimana nih Ayah dan Bunda? Sudah tidak ragu lagi ya sekarang untuk memilih metode sunat laser untuk sang jagoan. 

Di dalam menentukan proses sunat anak, untuk satu hal yang terpenting adalah jangan salah memilih tempat sunat dan metodenya. Tempat sunat dan metode terbaik hanya ada di Rumah  Khitan Syafaat.

Dengan teknologi yang canggih dan dokter sunat berpengalaman, jagoan pasti lebih nyaman dan momen sunat menjadi lebih menyenangkan. Untuk informasi lebih lanjut, Ayah Bunda bisa menghubungi Rumah Khitan Syafaat atau datang langsung ke lokasi terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *