Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Mengenal Pentingnya Vaksin Influenza untuk Anak

Ada beberapa kelompok yang lebih diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin influenza, salah satunya adalah anak-anak. Sebab, resiko munculnya komplikasi flu ini disebut lebih tinggi pada anak berusia di bawah 5 tahun.

Maka dari itu, dibutuhkan vaksin influenza anak untuk bisa membantu melindungi tubuh dari serangan virus.  Vaksin influenza adalah jenis vaksin yang berperan di dalam melindungi tubuh dari serangan virus flu. Meski termasuk penyakit umum dan ringan, bukan berarti boleh disepelekan begitu saja.

Sebab, infeksi virus ini berisiko menimbulkan berbagai masalah besar bagi sebagian orang. Secara umum, untuk pemberian vaksin flu harus ibu lakukan di setiap satu tahun sekali. 

Pentingnya Vaksin Influenza untuk Anak 

Ada 4 pentingnya vaksin influenza untuk anak yang harus diketahui : 

1. Mencegah Sakit Flu

Salah satu alasan pentingnya mendapatkan vaksin influenza adalah untuk mencegah flu. Bisa jadi, beberapa di antara kita akan berpikir, “Toh, hanya flu saja”. Namun pada kenyataanya, ceritanya akan berbeda apabila flu menyerang pada anak-anak, ibu hamil dan lansia.

Sebab, ketiga kelompok tersebut adalah kelompok orang yang mempunyai sistem imun lebih rendah. Akibatnya, resiko untuk mengalami flu berkepanjangan dan lebih berat akan semakin tinggi.

CDC menyebutkan, bahwa pada saat musim flu, mereka yang menerima vaksin influenza mempunyai risiko 40-60% lebih rendah untuk memeriksakan diri ke dokter akibat flu. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan akan pentingnya dari vaksin influenza. 

2. Mengurangi Keparahan Gejala Flu

Vaksin memang bisa mencegah flu. Tapi, bukan berarti kamu pasti tidak akan pernah mengalami flu lagi ketika sudah mendapatkan vaksin influenza.

Meski demikian, vaksin influenza tetap sangat bermanfaat sekalipun kamu tetap terserang influenza. Sebuah penelitian menyebutkan, mereka yang sudah mendapat vaksin flu tapi tetap terinfeksi ini mempunyai gejala flu yang lebih ringan.

Artinya, pentingnya vaksin influenza juga bisa meringankan keparahan gejala yang mungkin kamu alami. Saat gejalanya lebih ringan, maka proses penyembuhan bisa berlangsung cenderung lebih cepat. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari risiko komplikasi flu.

3. Mencegah Komplikasi pada Orang dengan Sakit Kronis

Apabila kamu mempunyai penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit pernapasan lainnya seperti asma dan PPOK, pertimbangkanlah untuk rutin mendapatkan vaksin influenza setiap tahun.Salah satu manfaat dari vaksin flu secara rutin adalah terhindar dari segala jenis komplikasi penyakit kronis yang mungkin terjadi.

BMC Pulmonary Medicine menyebutkan, bahwa vaksin flu diketahui bisa menurunkan risiko perburukan kondisi PPOK saat mengalami flu. Selain itu, risiko harus rawat inap di rumah sakit juga berkurang berkat gejalanya yang tidak terlalu berat.

4. Menjaga Kesehatan Anak

Vaksin influenza untuk anak juga tidak kalah pentingnya dibandingkan kelompok usia lain. Seperti yang tadi sudah disinggung sedikit di atas, anak merupakan salah satu kelompok usia yang rentan sekali mengalami flu. Sebab, sistem imunnya masih terus mengalami perkembangan.

Mendapatkan vaksin flu secara rutin setiap tahunnya diketahui bisa menurunkan risiko infeksi flu yang mengancam nyawa hingga 75%. Selain itu, risiko anak di bawah 17 tahun untuk dirawat ke rumah sakit atau harus mengunjungi dokter karena flu juga bisa menurun sampai 41%.

Apabila kamu ingin melakukan vaksinasi influenza, maka harus berkonsultasi terlebih dahulu seperti halnya dengan melakukan sunat. Ada tempat sunat terbaik yang bisa kamu jadikan tempat sunat, yaitu Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya dengan bertemu Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *