Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Penting! Ini Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Setelah Khitan

Apa saja cara menghilangkan rasa nyeri setelah khitan? Ini merupakan gejala yang umum terjadi pada anak, di mana beberapa jam atau hari pasca sunat, tiba-tiba mengeluh penisnya terasa nyeri. Meskipun pada dasarnya, tergantung pada daya tahan masing-masing anak.

Rasa nyeri biasa timbul karena glans penis yang awalnya tertutup menjadi terbuka. Sebab itulah, area tersebut menjadi lebih sensitif. Berikut beberapa penanganan yang dapat Ayah dan Bunda lakukan pada anak atas keluhan ini menurut dr. Iqbal Margi Syafaat

Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Setelah Khitan

Ada berbagai cara menghilangkan rasa nyeri setelah khitan pada anak. Berdasarkan saran dari dr. Iqbal Margi Syafaat, bisa memberikan obat pereda nyeri padanya. Anda juga dapat menggunakan cara alami. Berikut penjelasannya:

1. Minum Obat Pereda Nyeri

Ayah dan Bunda tidak perlu panik jika anak mengeluh tidak nyaman dan sakit pada area penis. Setelah prosedur khitan, biasanya dokter meresepkan analgesik, seperti paracetamol dan ibuprofen. Anda hanya perlu memberikan obat tersebut sesuai anjuran dokter dan pastikan anak meminumnya.

2. Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Setelah Khitan : Minum Jamu Kunyit

Cara menghilangkan rasa nyeri setelah khitan pada anak yang kedua yaitu memberikannya jamu dari kunyit. Bukan tanpa alasan memilih cara alternatif ini. Kunyit memang terkenal sebagai pereda nyeri alami, mencegah infeksi, hingga anti peradangan. Tapi akan lebih bijak lagi jika konsultasi dengan dokter dahulu.

3. Menggunakan Celana Khusus

Anggapan kalau anak harus selalu mengenakan sarung setelah sunat merupakan sugesti yang keliru. Karena anggapan tersebut menimbulkan ketakutan. Padahal, anak yang khitan tetap bisa memakai celana khusus. Celana ini dapat melindungi penis dari gesekan dan benturan secara langsung yang biasanya membuat nyeri.

4. Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Setelah Khitan : Melakukan Perawatan Pasca Sunat

Melakukan perawatan setelah khitan sangat penting untuk Ayah dan Bunda lakukan sesuai dengan arahan dokter. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi atas luka yang menjadi salah satu penyebab timbulnya nyeri. Beberapa perawatan yang dr. Iqbal Margi Syafaat anjurkan yaitu:

  • Membantu anak membersihkan area penis setelah buang air kecil. Sebaiknya menggunakan air hangat suam-suam kuku tanpa sabun.
  • Mengganti perban yang telah kotor secara hati-hati.
  • Mengoleskan petroleum jelly pada ujung dan batang penis secukupnya. Cara ini membantu merawat luka sunat dengan laser, sehingga tidak timbul nyeri.
  • Memberikan makanan bergizi pada anak setelah khitan.

5. Mengoleskan Madu

Cara menghilangkan rasa nyeri setelah khitan yang selanjutnya ini menggunakan bahan alami berupa madu. Madu terkenal cukup efektif untuk meredakan nyeri dan mengeringkan bekas luka. Anda bisa sering-sering mengoleskannya, terlebih setelah buang air kecil dan mandi.

Penanganan dan Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Setelah Khitan

Mungkin Ayah dan Bunda merasa khawatir apabila anak terus-menerus rewel dan mengeluh nyeri pasca sunat. Bagaimana jika semua anjuran dari dokter sudah Anda coba, tapi masih saja tidak berhasil? Maka solusi yang tepat dengan melakukan kontrol pasca khitan.

Kontrol setelah sunat bukanlah hal yang salah, meski banyak orang tua yang jarang melakukannya. Padahal, dengan berkonsultasi langsung pada dokter akan memberikan penanganan yang tepat. Ayah dan Bunda bisa berkonsultasi dengan dr. Iqbal Margi Syafaat di Rumah Khitan Syafaat.

Selain itu, Anda dapat mengunjungi beliau di Syafubot Malang dan Syafubot Surabaya. Lakukan reservasi terlebih dahulu dan konfirmasi kepada customer service dengan menyebutkan dr. Iqbal.

Alamat Rumah Khitan Syafaat Malang :

WhatsApp Admin Rumah Khitan Syafaat Malang

Alamat Safubot Malang :

WhatsApp Admin Syafubot Malang

Alamat Safubot Surabaya :

WhatsApp Admin Safubot Surabaya

Jangan lupa request dengan dr. Iqbal biar tersampaikan ke admin

Segera sunat anak Anda dengan dr. Iqbal Margi Syafaat di Rumah Khitan Syafaat. Khitan ekslusif, juaranya khitan ya si Rumah Khitan Syafaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *