Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Sulit Sunat Akibat Kegemukan dan Cara Mengatasi Kegemukan

Kegemukan merupakan kondisi tidak seimbang di antara tinggi badan dan berat badan.  Cara untuk mengetahuinya adalah bisa dengan menggunakan kalkulator BMI untuk mengetahui apakah berat badan sudah sesuai dengan tinggi badan atau belum.

Tinggi badan tidak bisa diubah, sehingga berat badan yang harus diubah jika sudah mengalami kegemukan. Berikut adalah informasi lengkap mengenai akibat buruk kegemukan dan cara mengatasi kegemukan.

Akibat Kegemukan 

Ada beberapa akibat kegemukan yang harus kamu ketahui : 

1. Sulit Disunat 

Kegemukan bisa menyebabkan penis anak kamu sulit untuk disunat. Biasanya, dokter akan merekomendasikan untuk diet atau suntik hormon supaya berat badan anak berkurang. Timbunan lemak yang ada di dalam tubuh ini juga bisa menyebabkan penis tenggelam sehingga dokter sulit melakukan pembedahan.

2. Obesitas 

Kegemukan yang tidak segera mendapatkan penanganan akan menyebabkan obesitas. Obesitas merupakan kegemukan yang sudah sangat melebihi batas berat badan seseorang. Obesitas juga akan memicu berbagai penyakit sehingga harus segera mendapat penanganan

3. Penyakit Tidak Menular 

Penyakit tidak menular muncul karena timbunan lemak yang ada di dalam tubuh. Ada beberapa penyakit yang mungkin muncul  adalah diabetes melitus dan penyakit jantung. Meski orang sehat juga mempunyai resiko terserang kedua penyakit ini, orang dengan berat badan yang berlebih juga mempunyai 

risiko yang lebih tinggi.

Cara Mengatasi Kegemukan

Sebagai berikut adalah cara mengatasi kegemukan pada saat ingin sunat : 

1. Mengatur Pola Makan 

Banyak orang belum tahu bahwa Kemenkes mempunyai program “Isi Piringku” yang menggambarkan porsi makan di saat ingin mendapatkan gizi seimbang.

Kebanyakan orang Indonesia mempunyai mindset, bahwa orang yang sehat adalah dia yang banyak makan, terutama karbohidrat. Padahal, kebutuhan seseorang tidak hanya karbohidrat, protein dan serat juga harus terpenuhi.

Bisa jadi, penyebab kegemukan terjadi karena konsumsi gizi yang tidak seimbang. Maka dari itu, seseorang yang kegemukan sebaiknya mulai mengatur pola makan dengan gizi seimbang sebagai salah satu cara untuk mengatasi kegemukan.

2. Kalori Defisit 

Jumlah konsumsi kalori seseorang di setiap hari jumlahnya berbeda-beda. Kondisi ini bisa terjadi, karena jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada kalori yang kamu keluarkan untuk melakukan aktivitas. 

Akibatnya, sisa kalori yang tidak kamu gunakan untuk aktivitas fisik berubah menjadi cadangan energi berupa lemak. Salah satu cara untuk mengatasi kegemukan adalah melakukan kalori defisit. 

Jumlah kalori yang masuk di dalam tubuh ini juga harus lebih sedikit daripada jumlah kalori yang keluar. Untuk mengetahui jumlah kalori yang kamu butuhkan, maka bisa mengukur menggunakan kalkulator BMR dengan cara memasukkan informasi usia, tinggi badan dan berat badan. Apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. 

3. Olahraga dan Aktivitas Fisik 

Hampir semua orang tahu bahwa olahraga dan aktivitas fisik merupakan cara yang paling umum untuk mengatasi kegemukan. Dengan melakukan olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh bisa terbakar. 

Apabila kamu belum terbiasa melakukan olahraga, maka bisa dimulai dari gerakan yang mudah dengan intensitas ringan. Memulai olahraga dengan intensitas yang langsung berat akan membuatmu lebih cepat merasa lelah.

Untuk kalangan orang tua yang ingin melangsungkan sunat kepada anaknya dengan kondisi gemuk bisa langsung berkunjung ke Safubot Malang atau Safubot Surabaya. Di kedua klinik tersebut tersedia jam praktek dari Dr.Iqbal Margi Syafaat. Namun, untuk menggunakan layanan sunat dari dokter Iqbal harap melakukan konfirmasi terlebih dahulu ke customer service dengan menyebutkan Dr.Iqbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *