Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Mengenal Pentingnya Vaksin Influenza untuk Anak

Vaksin influenza untuk anak masih mempunyai peran penting di dalam pencegahan penularan influenza. Influenza atau flu adalah penyakit yang sangat mudah menular. 

Bagian tubuh yang sering terinfeksi adalah hidung, tenggorokan dan terkadang paru-paru. Virus flu ini menyebar melalui droplet alias percikan cairan dari orang yang sedang sakit flu. 

Droplet ini berasal dari batuk maupun bersin. Cairan dari mulut pasien flu yang berbicara juga dapat mengandung virus serta menulari orang lain. 

Untuk penularannya bisa melalui udara dan hampir mirip dengan cara penularan Covid-19. Anak-anak sangat rentan sekali terinfeksi virus flu, khususnya di saat musim hujan. 

Sekolah adalah salah satu lokasi yang sering menjadi salah satu sumber penyebaran flu. Sebab, interaksi siswa sangat dekat di sekolah. 

Bahkan, pinjam-meminjam barang juga lazim terjadi di dalam kelas. Virus flu yang menempel pada beberapa benda dan terpegang oleh anak ini berpotensi menyebabkan infeksi, ketika anak tersebut menyentuh bagian mulut, hidung, atau mata. Tanpa melakukan vaksin anak, potensi penularan juga kian membesar.

Pemberian vaksin anak ini juga bisa menjadi salah satu langkah awal pencegahan flu. Di samping itu, kamu harus menerapkan hidup disiplin terhadap kebersihan dan khususnya kalangan anak. 

Para orang tua sebaiknya selalu mengingatkan pentingnya mencuci kedua tangan dengan sabun untuk mengusir berbagai jenis kuman. Apabila ada teman yang sedang sakit flu, beritahu anak untuk bisa menjaga jarak.

Virus flu pada umumnya akan menyebar pada saat musim hujan. Ini sering disebut dengan flu musiman. 

Pentingnya Vaksin Influenza Untuk Anak

Di tengah pandemi Covid-19 yang mempunya kemiripan dengan flu, fasilitas pelayanan kesehatan bisa menjadi kewalahan di dalam menerima pasien flu dan ketika musim hujan. Maka dari itu, vaksin influenza ini lebih besar manfaatnya sepanjang tahun 2020-2021.

Menurut laporan singkat dari penelitian yang terbit dalam of the American Board of Family Medicine pada November 2020, vaksin flu pun disebutkan bisa mempunyai efek terhadap perlindungan pada pasien positif Covid-19. Namun vaksin anak influenza tidak bisa mencegah infeksi Covid-19. Meski demikian, masih banyak hal penting lainnya melakukan vaksin flu untuk anak, yaitu : 

1. Mengurangi resiko terjadinya komplikasi flu, perawatan di rumah sakit dan kematian.

2. Mencegah keparahan penyakit yang sudah ada di saat terserang flu.

3. Menekan risiko kondisi penyakit kronis memburuk pada saat terinfeksi flu.

3. Menjaga anak supaya mendapatkan pelajaran sekolah sesuai dengan jadwal agar terhindar dari absen, karena sakit flu. 

4. Melindungi orang-orang di sekitar anak dari risiko tertular, khususnya bagi yang punya adik masih kecil atau bayi. 

Efek Samping Vaksin Flu untuk Anak

Pentingnya vaksin anak sudah banyak terbukti, tapi tetap ada beberapa risiko efek samping. Vaksin anak flu ini diberikan lewat suntikan. Sedangkan, untuk efek samping atau reaksi yang mungkin terjadi dari suntikan itu adalah :

  • Badan terasa lelah.
  • Sakit kepala.
  • Demam ringan.
  • Mual-mual.
  • Bagian yang disuntik nyeri dan membengkak.

Vaksin ini sama pentingnya dengan melakukan sunat pada anak laki-laki. Bagi ayah dan bunda yang sedang mencarikan tempat sunat, maka bisa langsung berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya untuk bertemu dengan Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *