Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Tips Diet saat Puasa

Momentum puasa Ramadhan ini sering kali dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan oleh beberapa orang. Akan tetapi, diet saat puasa tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, ada sejumlah strategi yang harus kamu diterapkan supaya berat badan tidak kembali naik setelah selesai masa berpuasa selesai. Apabila ingin tahu lebih lanjut mengenai sejumlah tips diet pada saat berpuasa, mari simak ulasannya selengkapnya di bawah ini.

Tips Diet saat Puasa yang Sehat dan Aman

Anggapan mengenai puasa Ramadhan bisa menurunkan berat badan secara otomatis ini tidak sepenuhnya benar. Puasa bisa membantu kamu menurunkan berat badan, ketika strategi yang diterapkan sudah tepat. Apabila sampai salah strategi, maka puasa tersebut bisa menyebabkan berat badan naik drastis.

Perlu kamu pahami bahwa diet saat puasa tidak hanya sekedar mengurangi makan saja. Akan tetapi,  juga diimbangi dengan beberapa aktivitas fisik dan pemenuhan nutrisi. Sebagai berikut adalah beberapa tips diet pada puasa yang bisa diterapkan untuk menurunkan berat badan :  

1. Mengkonsumsi Makanan Tinggi Protein dan Serat

Tips diet selama puasa pertama adalah memilih makanan yang tinggi protein dan serat untuk menu berbuka atau sahur. Asupan protein dan serat selama berpuasa ini bisa menekan hormon yang menimbulkan rasa lapar, sehingga perut akan terasa kenyang. Dengan begitu, keinginan untuk makan berlebih juga bisa dicegah.

Apabila menerapkan tips ini selama berpuasa Ramadhan, maka peluang berat badan turun di saat puasa ini akan lebih besar. Adapun beberapa contoh makanan yang tinggi protein dan serat, yaitu :

  • Daging sapi.
  • Dada ayam tanpa kulit.
  • Tahu, tempe dan edamame.
  • Kacang-kacangan (polong, kapri atau lentil).
  • Putih telur.
  • Ikan putih (kod, tilapia, bandeng atau halibut).
  • Ikan kembung dan sarden.
  • Sayuran berdaun hijau, seperti kol dan brokoli.
  • Buah-buahan, seperti kurma dan pisang.
  • Plain greek yogurt. 

2. Menghindari Makanan Berminyak

Makanan berminyak, seperti gorengan ini seringkali menjadi pilihan takjil pada saat berpuasa. Namun, perlu kamu ketahui bahwa makanan tersebut justru bisa menyebabkan berat badan naik apabila dikonsumsi secara terus-menerus selama berbuka dan sahur.

Hal tersebut dikarenakan gorengan adalah makanan yang mengandung banyak lemak jahat dan tinggi kalori. Daripada gorengan, pilih camilan yang menyehatkan untuk makanan takjil, seperti kacang-kacangan dan buah-buahan. Makanan tersebut mengandung banyak mengandung lemak baik yang bisa membantu menurunkan berat badan saat puasa, meski secara perlahan-lahan. 

3. Mengurangi Makanan dan Minuman Mani

Selain gorengan, mengurangi makanan dan minuman manis ini juga menjadi salah satu tips diet pada saat puasa. Tidak ada salahnya berbuka menggunakan makanan atau minuman manis, karena tubuh membutuhkan gula untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

Namun, hindari terlalu banyak mengkonsumsi asupan makanan maupun minuman dengan gula tambahan. Alasannya, gula yang dikonsumsi secara berlebihan ini akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh. 

Hal ini dikarenakan fungsi insulin akan menurun di saat seseorang berpuasa. Inilah sebabnya, mengkonsumsi makanan dan minuman manis ini biasa menyebabkan kegemukan.

Mengetahui informasi mengenai tips diet saat puasa ini sama pentingnya dengan melakukan sunat pada anak laki-laki. Bagi ayah dan bunda yang sedang mencarikan tempat sunat, maka bisa langsung berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya untuk bertemu dengan Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *