Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Bagaimana Mencegah Varises

Penyakit varises ini paling banyak ditemukan pada area kaki para penderitanya. Penyakit varises ini muncul akibat adanya katup pembuluh darah yang mengalami lemah. 

Akibatnya, darah yang seharusnya kembali lagi ke jantung justru menggenang di pembuluh darah tersebut. Pembuluh darah yang lemah ini akan membesar dan terlihat kusut atau putus-putus di permukaan kulit kaki. 

Penyakit varises yang tidak muncul di permukaan kulit, kemungkinan akan menimbulkan pembengkakan di area kulit. Lalu, bagaimana cara mencegah penyakit varises? Simaklah ulasan selengkapnya di bawah ini.  

Cara Mencegah Varises 

Ada beberapa cara mencegah varises yang bisa kamu lakukan, yaitu :

1. Berolahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga secara teratur bisa membantu pembuluh darah bekerja secara maksimal. Otot kaki ini bekerja melawan gravitasi, sehingga akan mudah bagi pembuluh darah untuk membawa darah kembali lagu jantun dan terutama pada area kaki. Setiap latihan atau olahraga yang dilakukan, maka akan membantu kamu di dalam mencegah munculnya penyakit varises.

2. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa meningkatkan tekanan pada bagian tumpuan kaki. Hal ini justru akan memperparah kondisi dari penyakit varises yang sudah ada sebelumnya atau meningkatkan risiko kemunculannya. 

Maka dari itu, melakukan diet sehat  untuk menurunkan berat badan ini bisa mencegah pembentukan penyakit varises. Selain itu, menurunkan berat badan juga bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, stroke dan diabetes melitus tipe 2. 

3. Hindari Waktu Berdiri atau Duduk Terlalu Lama

Pekerja kantoran mempunyai risiko lebih besar untuk terkena penyakit varises atau justru memperburuknya. Duduk maupun  berdiri terlalu lama ini akan membuat pembuluh darah di kaki tidak bisa bekerja dengan baik. 

Coba jadwalkan waktu istirahat di setiap setengah jam sekali untuk berdiri maupun duduk. Hal ini akan memaksa otot untuk membantu pembuluh darah kembali lagi ke arah jantung.

4. Hindari Memakai Pakaian Ketat

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terutama celana ini juga akan memberikan tekanan lebih pada bagian pembuluh darah di kaki. Hal ini bisa meningkatkan munculnya penyakit varises. Maka dari itu, pakailah pakaian yang sedikit lebih longgar supaya pembuluh darah tidak terlalu tertekan.

5. Mengangkat Kaki

Apabila memungkinkan, letakkan kaki sedikit lebih tinggi supaya darah bisa mengalir kembali lagi ke jantung. Kaki biar diletakkan di atas kursi atau bangku yang setara atau lebih tinggi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit varises, terutama bagi para pekerja yang harus duduk atau berdiri dalam waktu lama.

6. Memakai Pantyhose

Menggunakan pantyhose adalah salah satu tindakan pencegahan yang baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit varises. Pantyhose ini memberikan banyak tekanan seperti stoking kompresi, tapi beberapa orang menggunakannya. Pantyhose mempunyai bahan yang nyaman, sehingga baik untuk penderita penyakit varises.

7. Menggunakan Stoking Kompresi

Stoking kompresi bisa dibeli baik dengan atau tanpa menggunakan resep dokter. Stoking kompresi ini akan memberikan tekanan pada pergelangan kaki serta kaki bagian bawah untuk membantu darah bergerak kembali lagi ke jantung. Hal ini bisa digunakan untuk mencegah atau mengurangi keparahan dari penyakit varises.

Langkah – langkah tersebut harus dilakukan atau diterapkan secara rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Apabila pencegahan tersebut tidak berhasil, maka bisa mengurangi tingkat keparahan atau kemunculan penyakit varises dengan cara berbicara dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Mengetahui informasi mengenai cara mencegah varises ini sama pentingnya dengan melakukan sunat pada anak laki-laki. Bagi ayah dan bunda yang sedang mencarikan tempat sunat, maka bisa langsung berkunjung ke Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya untuk bertemu dengan Dr.Iqbal Margi Syafaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *