Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Penyebab Pusing Saat Puasa

Mungkin kamu sering merasakan sakit kepala atau pusing di saat puasa. Ini hal yang umum terjadi, tapi hati-hati mungkin kondisi tersebut bisa berbahaya bagi kesehatanmu.Kepala pusing saat puasa bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak benar dalam tubuh. Lalu, apa penyebabnya, ya?

Penyebab Pusing Saat Puasa 

Apabila biasanya kamu bisa makan dan minum kapan saja yang diinginkan, saat puasa kamu hanya diperbolehkan mengkonsumsi pada waktu berbuka sampai sahur. Itu sebabnya, tubuh membutuhkan waktu untuk membiasakan diri menahan rasa lapar dan haus ketika berpuasa.

Meski ada beberapa manfaat puasa yang bisa didapatkan pada beberapa orang, sejumlah gangguan kesehatan bisa terjadi karena biasanya tubuh mendapatkan asupan makanan dan minuman. Tidak jarang, tidak makan dan tidak minum selama puasa bisa membuat kamu merasa lemas, bahkan pusing. 

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab mengapa kepala pusing saat puasa. Sebagai berikut adalah penjelasan selengkapnya : 

1. Dehidrasi

Puasa tentu membuat haus, tapi harus tetap menahannya sampai dengan waktu buka puasa tiba. Apabila kamu merasa sangat haus dan tubuh tidak banyak mempunyai cadangan air, maka bisa kekurangan cairan atau sering disebut dengan dehidrasi.

Dehidrasi membuat tubuh kamu tidak bisa berfungsi dengan baik. Ada beberapa gejala dari dehidrasi, yaitu pusing, lemas, jarang buang air kecil dan urine berwarna lebih gelap. 

2. Gula Darah Rendah 

Selain menahan haus, kamu juga wajib menahan lapar di saat puasa. Hal ini bisa menyebabkan tubuh kekurangan glukosa sebagai energi, terutama jika kamu tidak cukup mengonsumsi makanan di saat buka puasa dan sahur.

Glukosa adalah sumber energi utama yang digunakan oleh tubuh untuk melakukan semua fungsi normalnya.  Kekurangan glukosa di dalam tubuh bisa mengganggu fungsi otak, karena kekurangan energi untuk dapat bekerja dengan baik. Akibatnya adalah kamu merasa lemas dan pusing saat puasa.

3. Tekanan Darah Rendah 

Kamu bisa merasa pusing, ketika jantung tidak cukup memompa darah ke otak. Salah satu penyebab kondisi ini adalah tekanan darah rendah. 

Tekanan darah yang turun secara tiba-tiba ini bisa membuat jantung tidak mampu mengantarkan darah ke otak dalam jumlah yang cukup. Hal tersebut dapat menyebabkan kamu berkeringat secara berlebihan, kurang bertenaga, pusing (terutama saat  berdiri dari duduk dengan sangat cepat) dan merasa seperti akan pingsan.

Pada saat puasa, pusing akibat tekanan darah rendah biasanya akan dialami ketika menjelang sore hari. Hal ini terjadi, karena tubuh sudah kehilangan lebih banyak cairan dan tidak mendapatkan asupan garam yang cukup.

4. Kelelahan 

Kamu mungkin akan lebih mudah merasa kelelahan disaat puasa, terlebih kurang minum dan kurang mengonsumsi makanan pada saat buka puasa dan sahur. Kelelahan bisa terjadi, karena kamu terlalu banyak beraktivitas saat puasa atau mungkin juga akibat kurang tidur. 

Kurang tidur sangat mungkin terjadi di saat kamu puasa, karena jadwal tidur akan berubah untuk makan sahur. Hal ini kemudian bisa membuat kamu merasa pusing.

Di saat kamu sudah merasa beberapa penyebab pusing di saat puasa muncul, maka harus sesegera mungkin berkonsultasi dengan dokter. Sama hal nya ketika akan melakukan sunat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan salah satunya adalah memilih tempat sunat. 

Ada beberapa tempat sunat yang bisa dipilih, yaitu Rumah Khitan   Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Bagi kamu yang ingin sunat di salah satu tempat tersebut dan ditangani oleh dokter Iqbal Margi Syafaat bisa menghubungi customer service terlebih dahulu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *