Jl. Balaikambang Perumahan Persada Bhayangkara Blok K8, Pagentan, Singosari, Malang

Mencegah Sembelit, Si Pengganggu Saluran Cerna

Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu gangguan pencernaan yang bisa menyebabkan seseorang sulit buang air besar (BAB). Kondisi ini tentunya cukup mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Maka dari itu, penting untuk kamu ketahui apa saja cara mencegah sembelit yang bisa dilakukan sejak dini. Berikut ini kami ulas secara lengkap.

Cara Mencegah Sembelit 

Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang menimbulkan gejala berupa sulit buang air besar, nyeri perut dan menurunnya nafsu makan. Beberapa cara berikut bisa diterapkan untuk mencegah sembelit : 

1. Mengkonsumsi Makanan Serat Tinggi 

Makanan tinggi serat dipercaya cukup efektif di dalam mencegah sembelit. Serat diketahui mampu melancarkan BAB dengan melakukan penyerapan air secara ekstra, sehingga feses menjadi lunak. Beberapa pilihan makanan untuk mencegah sembelit yang kaya akan serat adalah apel, jeruk, gandum, brokoli dan kacang – kacangan.

2. Olahraga Secara Rutin 

Kurangnya aktivitas fisik atau olahraga akan membuat pergerakan usus menjadi lebih lambat. Akibatnya, feses pun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melewati usus besar dan mencapai anus.

Olahraga minimal 30 menit per hari sebanyak 3-5 kali seminggu bisa melancarkan pergerakan usus dan terhindar dari sembelit. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan adalah jalan santai, jogging, bersepeda, berenang dan lainnya.

3. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) bisa menjadi salah satu penyebab dari sembelit. Hal ini dikarenakan serat membutuhkan air untuk melunakkan feses. Serat di dalam tubuh yang mengalami dehidrasi bisa membuat feses menjadi padat, keras dan berakhir sembelit.

Cara mencegah sembelit akibat dehidrasi bisa dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih kurang lebih 2 liter per hari. Biasakan untuk selalu minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur, setelah makan dan di malam hari sebelum tidur.

4. Mengkonsumsi Kopi

Manfaat minum kopi rupanya bisa memberikan  pengaruh terhadap sistem pencernaan. Menurut penelitian, kafein di dalam kopi bisa merangsang pergerakan usus. Kopi juga mengandung serat yang apabila dikonsumsi sesuai takaran bisa membantu kamu terhindar dari sembelit.

Namun, mengkonsumsi kopi tidak disarankan bagi seseorang dengan kondisi medis tertentu, seperti irritable bowel syndrome (IBS). Hal ini dikarenakan kafein pada kopi bisa meningkatkan motilitas usus sehingga bisa memperparah gejala IBS

5. Menghindari Stres 

Stres adalah salah satu pemicu sembelit yang jarang disadari. Ketika kamu stres, pergerakan usus akan melambat dan menyebabkan sulit BAB.

Maka dari itu, kelola stres sebaik mungkin dengan cara beristirahat sejenak dari segala kesibukan sehari-hari. Bahkan, kamu juga bisa melakukan beberapa hal yang meningkatkan mood seperti melukis, membaca buku dan menonton film.

6. Melakukan Peregangan Ringan 

Cara mencegah sembelit kali ini bisa diterapkan saat kamu bepergian atau dalam perjalanan jauh. Berdiam di tempat yang sama dalam waktu lama bisa memperlambat pergerakan usus, sehingga meningkatkan risiko mengalami sembelit.

Hal ini bisa disiasati dengan cara melakukan peregangan ringan sebelum bepergian. Misalnya, berjalan-jalan santai sembari menunggu waktu penerbangan pesawat. Apabila menggunakan mobil, sempatkan untuk istirahat sejenak di rest area dan melakukan peregangan ringan.

Disaat mengalami sembelit atau konstipasi, maka harus diperhatikan karena bisa berdampak buruk. Bahkan, untuk  perihal tersebut juga terjadi di saat kamu akan melakukan sunat. 

Ada beberapa tempat yang bisa kamu jadikan tempat sunat, yaitu Rumah Khitan Syafaat, Safubot Malang dan Safubot Surabaya. Bagi kamu yang ingin memilih sunat di salah satu tempat tersebut, maka bisa langsung saja menghubungi Dr. Iqbal Margi Syafaat melalui customer service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *